Sosialisasi Empat Pilar Negara Indonesia Bagi Generasi Muda Papua

Sosialisasi-pilar-kebangsaan-oleh-anggota-MPR-Mervin-S-Komber-di-SMA-Katoik-Villanova-Manokwari-702x336

Sosialisasi Pilar Kebangsaan Berlanjut di Manokwari

RADIO SUARA WAJAR – Anggota MPR RI dan Dewan Perwakilan Daerah RI, Mervin Sadipun Komber mendatangi sekolah-sekolah dan perguruan tinggi di wilayah Papua, Minggu (13/9), dalam rangka mensosialisasikan nilai-nilai kebangsaan kepada mahasiswa dan pelajar di Indonesia.

Sosialisasi ini diikuti sekitar 200 pelajar SMU Katolik Villanova. Mervin membawakan materi denga judul “Nilai Kebangsaan Sebagai Modal Dasar Pelajar Untuk Masa Depan Indonesia”.

Kegiatan ini dibuka dengan doa oleh Kepala SMU Katolik Villanova Manokwari, Pastor Yap OSA.

Sosialisasi nilai-nilai kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, juga sudah dilakukan di Auditorium SMU Katolik Villanova, Manokwari, Papua Barat, belum lama ini.

“Kedatangan saya di sekolah dan kampus di wilayah Papua dalam rangka membentuk karakter para siswa dan mahasiswa sebagai generasi muda bangsa. Mereka diharapkan menjadi generasi yang cerdas, jujur, berkarakter, dan taat hukum, Ini penting bagi masa depan Tanah Papua,” kata Mervin Sadipun Komber

Setelah menyampaikan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan para siswa tersebut antara lain menyangkut masalah hukum yang mereka nilai hukum tajam kebawah dan tumpul keatas. Mereka juga menyoroti kinerja para penegak hukum, dan masih banyak kasus pelanggaran HAM di Papua.

Para siswa juga mempertanyakan sanksi yang diberikan kepada para perusak hutan dan lingkungan di wilayah Papua. Selain itu, mereka menanyakan alasan harga barang di Papua lebih mahal dibandingkan di Jawa.

Menurut Mervin, dirinya menjawab semua pertanyaan tersebut sembari memberikan motivasi kepada para siswa agar kelak mereka menjadi generasi muda yang cerdas dan mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan Indonesia.

Mervin juga menggalakkan sosialisasi dan implementasi nilai-nilai Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan lainnya seperti UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika dihadapan mahasiswa se-Kota Sorong, yang dilaksanakan di Kampus Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Katolik Santo Benedict Sorong, Papua Barat, pada 9 September 2015.

Pada bagian akhir sosialisasi tersebut, Mervin menyerahkan bantuan dana untuk SMU Katolik Villanova Manokwari dan Mudika Manokwari, termasuk menyerahkan buku utuk pengembangan perspustakaan SMU Katolik Villanova Manokwari.

 

862 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *