Bentrok di Tolikara, FKUB Lampung Nyatakan Sikap

Pembacaan sikap oleh Ketua FKUB Lampung Dr. Baharudin, MA dan perwakilan pemimpin agama di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur, Bandar Lampung (24/07).

Pembacaan sikap oleh Ketua FKUB Lampung Dr. Baharudin, MA dan perwakilan pemimpin agama di Gedung Pusiban, Kantor Gubernur, Bandar Lampung (24/07).

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Jum’at (24/07) di Gedung Pusiban Komplek Kantor Gubernur Provinsi Lampung dilaksanakan pertemuan antara unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Lampung, Forum Komunikasi Umat Beragama, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Hadir dalam acara ini Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Kapolda Lampung Brigjen Edward Syah Pernong, Komandan Korem Garuda Hitam Kolonel Arm.Winarto, Kejati Provinsi Lampung Suyadi, Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi Lampung Suhaili, Rektor Universitas Lampung Prof.Sugeng P.Harianto serta perwakilan dari Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat di Provinsi Lampung.

Acara silahturahmi ini diawali dengan pernyataan sikap tokoh lintas agama Provinsi Lampung, dimana dinyatakan tiga sikap yakni, menyesalkan dan mengutuk dengan keras insiden penyerangan terhadap umat muslim yang terjadi di Tolikara-Papua, mendesak kepada aparat penegak hukum agar mengusut dengan tuntas hingga ke akar permasalahan yang ada, dan menghimbau kepada seluruh tokoh dan umat beragama di Provinsi Lampung agar tetap tenang, menjaga suasana yang kondusif, tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan kekerasan serta menjaga ketertiban masyarakat di Bumi Ruwa Jurai ini.

Pernyataan sikap Tokoh Lintas Agama ini ditandatangan oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dr. Baharudin, MA, Uskup Keuskupan Tanjungkarang Mgr. Yohanes Harun Yuwono, Pewakilan Majelis Ulama Indonesia Lampung, Perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia Wilayah Lampung, Perwakilan Persatuan Gereja Indonesia Wilayah Lampung, dan Perwakilan Umat Budhha Indonesia Wilayah Lampung.

Dalam sambutannya Komandan Korem Garuda Hitam Kolonel Arm.Winarto mengatakan bahwa kegiatan silahturahmi ini dapat membawa manfaaat bagi semua. Melalui silahturahmi ini dapat memupuk persaudaraan diantara peserta yang hadir.

Komandan Korem juga mengatakan, sampai sejauh ini peran TNI di masyarakat dapat diterima secara baik, kiranya hubungan yang sudah ada dapat dijaga dan ditingkatkan dengan semangat kekeluargaan sehingga semakin tercipta suasana yang kondusif dalam masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari.

“Masyarakat jangan terpancing atau mudah terpengaruhi pemberitaan atau tampilan yang saat ini berkembang di media sosial, karena saat ini disinyalir media sosial dapat dijadiakan sebagai wahana menghembuskan isu propaganda bagi kepentingan segelintir pihak yang tidak bertanggung jawab” tegas Winarno.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mengatakan, forum kegiatan yang melibatkan lintas agama ini kiranya dapat menjaga rasa kebersamaan dan kekeluargaan di Provinsi Lampung, dimana sampai sejauh ini peran lintas agama seperti ini dirasa sudah cukup baik dalam mengatasi permasalahan yang mengarah ke SARA.

“Kondisi tersebut kiranya juga karena peran aktif para tokoh agama yang telah aktif melakukan pembinaan terhadap masyarakat secara baik. Bachtiar mengharapkan sekecil apapun gejala yang mengarah kepada SARA segera disikapi dan di selesaikan dengan bijak. Sehingga tidak sampai meluas” kata Bachtiar.

Sementara itu, dalam arahannya Kepala Kepolisian Daerah Provinsi Lampung Brigjen (Pol) Edward Syah Pernong mengatakan bahwa jaman perjuangan Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat dijadikan contoh dalam proses menjaga keutuhan dengan sikap yang tetap menjalin kebersamaan dan kerukunan umat beragama dimana perasaan senasib diantara warga masyarakat menjadi modal utama dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama.

“Kiranya pernyataan sikap yang telah disepakati dan ditandatangani pada hari ini dapat dilaksanakan dengan sikap yang tulus sehingga apa yang kita cita-citakan pada kegiatan ini dapat terwujud” pungkas Kapolda Lampung.***

Reporter : Robert

1178 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *