Tulangbawang Miliki Pusat Oleh-Oleh dan Kerajinan Khas Setempat

w850_h__1429800587

Bupati Tulangbawang Hanan A. Razak (dua dari kiri) mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Tulangbawang Erna Su’ud serta kepala Kejaksaan Negeri Menggala saat membuka pusat oleh-oleh khas Tulangbawang di jalan lintas timur Menggala Tulangbawang, Kamis (23/4

Tulangbawang Miliki Pusat Oleh-Oleh dan Kerajinan Khas Setempat

Menggala, lampost.co– Dinas Koperindag Tulangbawang memanfaatkan lahan kolam percontohan di jalan lintas timur Menggala sebagai pusat jajanan dan cendera mata khas Tulangbawang. Kolam percontohan itu diketahui merupakan salah satu aset milik Pemerintah Kabupaten Tulangbawang yang dibangun tahun 2010 dan sempat terbengkalai sebelum dimanfaatkan Diskoperindag setempat.

Pusat jajanan dan cendera mata khas daerah Tulangbawang itu diresmikan Bupati Hanan A. Razak, Kamis (23/4/2015). Dalam sambutannya, Hanan mengatakan Tulangbawang merupakan daerah perlintasan dari dan menuju sejumlah provinsi di Pulau Sumatera. Dengan kondisi tersebut, dia berharap bisa mempromosikan makanan dan kerajinan asli khas Tulangbawang yang kini dipusatkan di Jalan Lintas Timur. Tujuannya agar pelintas yang berasal dari luar daerah Tulangbawang bisa memahami dan mencoba jajanan dan kerajianan khas Tulangbawang.

”Saya berharap dengan adanya pusat oleh-oleh jajanan dan kerajinan yang berada di lintas timur Menggala ini para wisatawan asing maupun lokal dapat mampir dan mencicipi seta melihat produk-produk dari Tulangbawang. Saya juga berharap semua jajanan yang dijual di pusat oleh-oleh merupakan barang-barang yang berkualitas dan higienis agar pembeli mendapatkan barang yang berkualitas bagus,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindag Kabupaten Tulangbawang, Supriyanti, mengatakan pembangunan pusat jajanan dan cendera mata khas Kabupaten Tulangbawang ini bekerja sama dengan Bank Mandiri melalui CSR berupa rehab 12 gedung ditambah 2 toilet dan satu unit musala. Adapun jajanan dan cendera mata yang dipajang di tempat itu merupakan seluruh produk unggulan yang ada di 15 kecamatan se-Kabupaten Tulangbawang.

“Kami menjual produk unggulan Kabupaten Tulangbawang seperti maduarou, terasi, telur asin rasa udang, ikan asin dan ikan asap, kerupuk, kerajinan bernuk, dan lain-lain. Selain itu, jajanan yang ada di pusat oleh-oleh khas Kabupaten Tulangbawang dibuat tanpa bahan pengawet dan higienis,” katanya.

1207 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *