Makanan Khas Banten

RADIO SUARA WAJAR – Banten bukan hanya terkenal dengan kota industri dan pariwisatanya saja. Tapi provinsi Banten juga terkenal dengan aneka kulinernya yang menggugah selera. Sayang rasanya jika kita banyak mengunjungi pantai di Banten seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sawarna, dan pantai-pantai lainnya tapi tidak mencicipi kuliner khas Banten sendiri. Tapi sebelum kita berpetualang mencoba kuliner baru khas banten, tentunya kita harus tahu dulu apa saja sih kuliner khas Banten ini. Ok, kita simak saja yuk bareng-bareng.

1. Sate Bebek Khas Cibeber

makanan-khas-banten-yang-wajib-untuk-dicoba-4

Salah satu kuliner khas Banten yang terkenal adalah satu bebek khas cibeber. Makanan Banten yang satu ini selalu menjadi buruan para wisatawan maupun warga lokal yang tinggal di Banten.

2. Rabeg Khas Serang

10rabeg

Bagi Anda pecinta makanan pedas, menu makanan Banten yang satu ini wajib Anda coba. Ya, rabeg khas Serang. Makanan yang terbuat dari daging dan jeroan kambing ni bisa membuat para penikmatnya bercucuran keringan ketika memakannya. Rasa lada dan rempah-rempah yang sangat mencolok, menambah nikmat makanan rabeg ini. Memang agak sulit sekarang mencari menu makanan khas banten ini, tapi jika kalian cukup jeli. Hanya cukup mencari warung atau tempat makan yang bertulisakan Rabeg atau warung makanan khas Sunda – Banten seperti di daerah Lopang, dekat Pasar Lama, Serang.

3. Nasi Sumsum Khas Serang Banten

banten-abiz.blogspot.com_Jika berkunjung ke Serang, Banten, jangan lupa mencicipi nasi sumsum. Nasi bercampur sumsum tulang kerbau ini merupakan makanan Banten. Nasi sumsum dimasak dengan cara dibakar sehingga menghasilkan aroma serta cita rasa istimewa yang dapat membangkitkan selera makan. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih dijual di beberapa rumah makan di Serang.  Para penjual awalnya menyiapkan bahan-bahan nasi sumsum di rumah seperti sumsum tulang kerbau. Sedangkan nasi dimasak secara terpisah. Adapun bumbu yang akan menentukan rasa nasi sumsum ditumbuk. Setelah itu, bumbu dicampurkan dengan nasi dan sumsum tulang kerbau. Campuran nasi dan sumsum yang telah diberi bumbu kemudian dibungkus daun. Bungkusan nasi sumsum selanjutnya dibakar di tempat berjualan. Nasi sumsum biasanya dihidangkan bersama sate lidah kerbau dalam keadaan hangat.

4. Nasi Uduk Empal Daging

galeribaba03Menu makanan khas Banten ini biasanya dapat dijumpai pada malam hari di warung-warung makan pinggir jalan. Nasi uduk empal daging ini memang sangat cocok dinikmati saat malam hari. Biasanya nasi uduk tidak hanya disajikan dengan empal daging saja tetapi juga dengan lauk-lauk yang lain seperti telur dan tempe.

5. Sate Bandeng Khas Banten
bandeng3bsrSeperti namanya Sate Bandeng terbuat dari ikan Bandeng segar. Namun yang unik ikan Bandeng yang disajikan tanpa memiliki duri karena telah terlebih dahulu dipisahkan durinya. Cara pembuatannya pun sedikit rumit. Pertama daging bandeng dipisahkan dengan tulangnya. Kemudian daging ikan digiling hingga halus dengan dicampur bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan ketumbar. Selanjutnya bandeng yang sudah halus dicelupkan ke dalam santan masak yang kental dan diaduk hingga menyatu. Setelah itu baru daging dimasukkan kembali kedalam kulit ikan untuk kemudian ditusuk sate dan dibakar. Cukup sekitar 10 menit dibakar di atas bara arang dan dibalik-balik hingga matang merata. Sate Bandeng pun siap disajikan sebagai lauk atau dimakan langsung.

 

2755 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *