Wakil Gubernur Bachtiar Basri lakukan kunjungan kerja ke sejumlah kabupaten

Wakil Gubernur Bachtiar Basri Wakil Gubernur Bachtiar Basri beserta rombongan saat meninjau lokasi potensi cetak sawah dan jaringan irigasi, Kamis (18/2) di Desa Sumber Agung Kecamatan Seputih Surabaya, Lampung Tengah.

Wakil Gubernur Bachtiar Basri Wakil Gubernur Bachtiar Basri beserta rombongan saat meninjau lokasi potensi cetak sawah dan jaringan irigasi, Kamis (18/2) di Desa Sumber Agung Kecamatan Seputih Surabaya, Lampung Tengah.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Wakil Gubernur Bachtiar Basri beserta rombongan meninjau lokasi potensi cetak sawah dan jaringan irigasi, Kamis (18/2) di Desa Sumber Agung Kecamatan Seputih Surabaya, Lampung Tengah. Kunjungan kerja tersebut salah satu upaya mewujudkan swasembada beras di Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut Wagub didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Balai Besar Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) wilayah Way Mesuji – Sekampung. Selain itu turut serta juga Kepala Biro Perekonomian, Perwakilan dari Lanal Lampung, POL Airud, Perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Perdagangan, Dinas Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung.

Sebagaimana diketahui, perjalanan dari Bandar Lampung menuju lokasi tersebut menempuh waktu hingga enam jam.

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, Wagub menyampaikan, Pemerintah Provinsi Lampung telah menganggarkan pembangunan jaringan tersier di tahun 2016.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk mengaliri sawah masyarakat sehingga tidak khawatir lagi kekurangan air. Apalagi jika lahan cetak sawah yang kita tinjau ini bisa terwujud, tentu akan sangat membantu kita dalam mewujudkan swasembada beras,” harap Wagub.

Masih di kecamatan yang sama Bachtiar Basri juga meninjau UPTD Pelabuhan Cabang, dan melakukan kroscek aktivitas pelabuhan dalam melayani transportasi air dan penyeberangan. Dalam paparannya Balai Besar PSDA, melaporkan guna mengatasi pendangkalan sungai/muara seputih, Balai Besar telah melakukan normalisasi sungai sepanjang 6 Km.

“Rencana kedepan akan dilakukan normalisasi sungai sepanjang 200 Km, agar transportasi lancar. Saat ini kapal-kapal sedang maupun besar milik nelayan telah mampu bersandar di pelabuhan cabang, “jelas salah satu perwakilan dari Balai Besar PSDA.

Selanjutnya dengan menggunakan satu Kapal Patroli Airud serta tujuh unit speed boat Wagub dan rombongan menuju Dusun III Desa Pendowo Asri Kecamatan Dente Kabupaten Tulang Bawang. Ini dilakukan dalam rangka silaturahmi dengan masyarakat yang tergabung dalam sejumlah kelompok tani.

Kelompok tani itu antara lain, Tani Muncul, Sri Makmur, Tani Jaya, Sumber Rejeki, Sri Subur, Mekar Agung, Mekar Jaya, Trisna Maju, Makarti Timbul, Timbul Karyo, Angin Mamiri, Sumber Asri, Galak Bangkit dan Kelompok Tani Palam Jaya.

Melalui Perwakilan Kelompok Tani Daryanto menyerahkan surat kuasa kepada Pemerintah Provinsi Lampung, berupa lahan tanah seluas 2000 Ha untuk dicetak sawah baru.

Wakil Gubernur juga menyaksikan penandatanganan MoU antara PT.GLO Media Makmur dengan Gapoktan. Bachtiar Basri juga menyerahkan secara simbolis Lampu Super Ekstra Hemat Energi (SEHEN) ke sejumlah masyarakat.

Sebagai informasi, orang nomor dua di Lampung ini kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi potensi perikanan, normalisasi sungai dan potensi wisata. Selain itu melakukan pula penyerahan secara simbolis kepada masyarakat di Kuala Seputih.***

Reporter : Robert

692 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *