Uskup Agung: Indonesia Jadi Contoh Dunia soal Toleransi Antaragama

1356059IMG-20151225-104230780x390

Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo

RADIO SUARA WAJAR – Uskup Agung Jakarta Ignatius Suharyo menceritakan beberapa pengalamannya soal toleransi beragama Indonesia di mata dunia. Salah satunya adalah pengalamannya ketika menemani Presiden Italia Sergio Mattarella yang berkunjung ke Indonesia.

“Dia singgah di Gereja Katedral setelah itu langsung masuk ke Masjid Istiqlal,” ujar Suharyo di Gereja Katedral, Jalan Katedral, Jumat (25/12/2015).Mgr Suharyo sempat bertanya apa tujuan Presiden Italia mengunjungi dua rumah ibadah tersebut. Jawabannya sungguh mengagetkan Suharyo.  Presiden Italia mengatakan bahwa dia ingin belajar bagaimana caranya bisa hidup berdampingan antar-umat beragama dari masyarakat Indonesia.

Mgr Suharyo mengatakan, ketika itu, kawasan Eropa dibanjiri oleh pengungsi imigran yang datang dari kawasan Timur Tengah. Italia yang sebelumnya tidak pernah hidup berdampingan merasa khawatir dengan kemungkinan yang akan terjadi pada masa depan. Karena itu, Presiden Italia menjadikan Indonesia sebagai contoh negara yang sukses hidup berdampingan antar-umat beragama.

“Indonesia menjadi contoh bagus untuk belajar tentang hidup damai. Hebat kan. Saya bangga sekali waktu saya dengar itu,” ujar Suharyo.

Selain itu, dia juga pernah mengikuti pertemuan internasional tokoh agama. Di sana, dia berbicara selama tiga menit mengenai Pancasila. Menurut dia, ajaran hidup saling menghargai dan bertoleransi tercantum dalam Pancasila itu.

Setelah berbicara tentang Pancasila di forum internasional, sang moderator, yaitu Pangeran Hasan dari Jordania, ikut membahas tentang Pancasila.

“Saya bicara Pancasila tiga menit, tetapi dia bicara Pancasila 15 menit. Pancasila kita dihargai di seluruh dunia, masa kita sendiri malah lupakan,” ujar Suharyo.

834 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *