Pelabuhan Perikanan Pantai Lempasing Lampung Menjadi Pelabuhan Perikanan Teladan Ke-II Tingkat Nasional Tahun 2015

Jpeg

Penghargaan Adibakti Mina Bahari Untuk PPP Lempasing dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

JAKARTA, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung mendapatkan penghargaan sebagai Pelabuhan Perikanan Teladan Ke-II Tingkat Nasional Tahun 2015 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKPRI). Penghargaan ini diberikan kepada Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Lempasing Lampung oleh Menteri Perikanan dan Kelautan RI di Gedung Mina Bahari III, Jumat (11/12/2015).

Diinformasikan oleh Karo Humas dan Protokol Bayana, penghargaan ini diterima langsung oleh Makmur Hidayat selaku Kepala UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah Barat dengan didampingi oleh Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Lampung Setiato.

“Selain itu Pemberian penghargaan Adibakti Mina Bahari pada tahun 2015 ini sangat istimewa karena baru pertama kali seluruh penerima penghargaan Adibakti Mina Bahari 2015 dapat diterima oleh Presiden Republik Indonesia di Istana Negara”, jelasnya.

Adapun penerima penghargaan Pelabuhan Perikanan Teladan ke I adalah PPP Morodemak Kabupaten Demak dan Pelabuhan Perikanan Teladan Ke III adalah PPP Lombok Kabupaten Lombok Timur.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Lampung Setiato menjelaskan bahwa dengan diperolehnya penghargaan ini PPP Lempasing telah melaksanakan sesuai tupoksinya yakni fungsi pemerintahan dan fungsi pengusahaan sekaligus pemacu bagi UPTD Pelabuhan Perikanan Wilayah Barat untuk bekerja lebih baik lagi.

“Fungsi tersebut meliputi tempat bersandarnya ikan, bongkar muat, docking kapal, pengawasan mutu ikan, tempat penyuluhan dan telah melaksanakan kebersihan, ketertiban dan keamanan”, jelasnya.

Lebih lanjut Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Lampung menambahkan pada 2016 mendatang di PPP Lempasing akan dilakukan penertiban para pedagang ikan dengan memindahkan pedagang ikan pada tempat yang telah dibangun pada tahun 2015 serta melakukan pengujian formalin untuk mengawasi mutu ikan yang masuk ke PPP Lempasing.

“Selain itu akan diberlakukan Perda Provinsi Lampung di PPP Kota Agung dalam pelelangan ikan. Sehingga diharapkan akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) UPTD PP Wilayah Barat”, tambahnya.

Ditambahkan oleh Kabag Humas Heriyansyah Penghargaan Adibakti Mina Bahari merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKPRI) kepada nelayan, Tokoh, Kelompok dan Pelayanan Publik di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Penghargaan Adibakti Mina Bahari merupakan penghargaan yang tertinggi dibidang kelautan dan perikanan. Khusus di bidang perikanan tangkap dilombakan dalam tujuh kategori yaitu Nelayan Teladan, Tokoh Penggerak, Wira Usaha Teladan, KUB Teladan penerima kapal di atas 30 G, KUB Teladan bukan penerima kapal di atas 30 GT, Pendamping Permodalan Perikanan Tangkap teladan dan pelabuhan perikanan teladan”, jelasnya.***

Reporter : Robert

1450 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *