Alasan Mengapa Kita Selalu Merasa Lelah

25792_11_alasan_mengapa_kita_selalu_merasa_lelah_2RADIO SUARA WAJAR – Apakah Anda sering bahkan selalu merasa lelah, padahal waktu untuk tidur pun sudah cukup. Ada beberapa alasan mengapa kita selalu merasa lelah dan beberapa cara untuk memperbaikinya. Apa sajakah itu?

1. Tidak sering bangun pagi

Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi dapat membantu kita lebih sehat. Kalimat tersebut mungkin sudah sering kita dengar, namun itu benar-benar sebuah kenyataan. Kita perlu bangun lebih pagi, paling tidak untuk keluar sebentar menikmati pagi hari. Sebuah studi di Harvard tahun 2008 pun menujukkan bahwa orang-orang yang bangun pagi lebih baik dalam menghadapi masalah daripada mereka yang tidak. Hal tersebut juga berkaitan dengan kinerja dan keberhasilan dalam pekerjaan.

2. Dikelilingi orang-orang yang tidak bahagia

Di sini maksudnya adalah kita berada di lingkungan dimana orang-orang sering mengeluh, misalnya rekan kerja atau teman-teman. Orang-orang yang sinis atau cenderung sering mengeluh di sekeliling kita, ternyata dapat menguras energi kita. Jika bisa, hindarilah orang-orang tersebut, jangan lupa untuk selalu menghadapi sesuatu dengan rasa syukur dan perasaan positif agar kita merasa bahagia dan tubuh menjadi lebih berenergi.

3. Kehidupan seks yang tertunda

Sebagian orang mengatakan bahwa lelah untuk berhubungan seks. Tahukah kita ternyata berhubungan intim dapat membantu seseorang mendapatkan istirahat malam yang lebih baik. Hal ini dikarenakan orgasme melepaskan prolaktin yang secara alami lebih tinggi ketika kita tidur. Seks yang aktif juga ternyata membantu seseorang terbangun dengan lebih berenergi.

4. Kekurangan magnesium

Mungkin terdengar aneh, namun magnesium berperan sebagai mineral relaksasi yang membantu meningkatkan seberapa efektif tidur serta berapa lama waktu tidur seseorang. Untuk mendapatkan cukup dosis magenesium yang sehat, kita dapat mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, alupkat, serta sayuran hijau.

5. Membenci pekerjaan

Jika kita merasa lelah atau lesu, terlebih di lingkungan pekerjaan dan dikelilingi oleh rekan kerja yang menyebalkan, mungkin kita perlu pemandangan baru di kantor atau bahkan sesungguhnya kita tidak bekerja sesuai dengan kesenangan kita. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang membenci pekerjaan mereka akan sulit tidur atau tidur dalam keadaan yang stres.

6. Melewatkan gym

Ketika kita selalu merasa lelah, justru sebenarnya kita membutuhkan gerakan, misalnya olahraga. Aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi risiko depresi dan membantu kita tidur lebih baik. tidak perlu terlalu berlebiha, 150 menit perminggu untuk berolahraga sudah dapat membantu mengurangi kelelahan hingga 65% di siang hari.

7. Tidak mendapat sinar matahari yang cukup

Seseorang yang terkena sinar matahari atau cahaya buatan sangat cerah di pagi hari, akan membuat produksi melatonin nokturnalnya terjadi lebih cepat, sehingga akan memudahkan tidur di malam hari. Namun, terlalu banyak terpapar sinar matahari tanpa perlindungan justru akan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karenanya kita harus mengatur waktunya, paling tidak satu hingga dua jam sinar matahari setiap harinya.

8. Sering stres

Seperti yang kita ketahui bahwa stres atau kecemasan tidak baik, karena dapat menyebabkan kelelahan, rambut beruban, hingga bisul. Stres juga menjadi penyebab dari insomnia. Nah, ketika mengalami insomnia dan kekurangan tidur, maka akan membuat seseorang lebih mudah marah dan cemas. Kurangi stress dan selesaikan setiap masalah dengan pikiran yang jernih.

9. Mungkin memiliki gangguan auto-imun

U.S. Department of Health of Human Services mengatakan bahwa gangguan auto-imun dapat menjadi penyebab kelelahan. Wanita tiga kali lebih mungkin mengalami gangguan ini dibandingkan pria. Jika selalu merasa lelah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Mungkin saja ada masalah kesehatan lain yang lebih perlu diperhatikan.

10. Kamar tidur yang berantakan

Menurut National Sleep Foundation, kamar tidur kita harus bersih, nyaman, dan kondusif untuk beristirahat. Menggunakan lilin beraroma bisa menjadi alternatif tambahan, atau penggunaan lampu redup untuk menciptakan suasana yang lebih tenang. Jadi, coba lihat kamar tidur Anda sekarang, apakah berantakan?

11. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan

Makanan yang tinggi karbohidrat, seperti burger, kentang goreng, pasta, dan roti biasanya menyebabkan energi kita menurun. Sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan energi, sehingga membuat kita tidak merasa lelah. Mereka juga mengandung vitamin dan mineral yang menjauhkan kita dari dehidrasi.(womansday.com)

866 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *