Ketika Paus Fransiskus Bertamu ke Rumah Fidel Castro

ketika-paus-fransiskus-bertamu-ke-rumah-fidel-castro-YnDI2aKq94

Paus Fransiskus dan Fidel Castro

RADIO SUARA WAJAR – Paus Fransiskus bertemu mantan presiden dan pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, usai merayakan misa bersama puluhan ribu umat di Havana.

Kedua tokoh sepuh berbincang seputar perkembangan dunia dan agama, dalam apa yang digambarkan Vatikan sebagai perjumpaan yang “informal dan bersahabat”.

Sebelum pertemuan itu, Sri Paus memberikan khotbah, yang menyerukan warga Kuba untuk melayani satu sama lain ketimbang melayani ideologi.

Juru bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi menggambarkan pertemuan di rumah Fidel Castro itu berlangsung santai. Mereka bertukar buku: Paus Francis memberi Castro tiga judul, antara lain sebuah buku khotbah karya seorang mantan guru Castro; sedangkan Castro memberikan buku “Fidel dan Agama,” sebuah kumpulan wawancara revolusioner Kuba itu dengan seorang imam Brasil.

Di siang hari sebelumnya, belasan ribu warga membanjiri Plaza de la RevoluciĆ³n atau alun-alun Revolusi Havana, untuk mengikuti khotbah Sri Paus. Petugas sempat menangkap setidaknya tiga pria yang berteriak-teriak dan berusaha membagi-bagikan selebaran di seputar alun-alun, tatkala misa sedang berlangsung.

Dalam khotbahnya, Paus membahasa tentang bagaimana “Umat Kristen terus menerus diserukan untuk mengesampingkan keinginan dan kepentingan serta niat untuk meraih kekuasaan, dan sebaliknya diserukan untuk bekerja bagi mereka yang paling rentan.”

Ia juga menyampaikan peringatan ihwal ideologi: “Pelayanan tidak pernah ideologis. Karena kita tidak pernah melayani ide, melainkan melayani rakyat” demikian seperti dilansir okezone.com, Senin (21/9).

Sebelumnya, Paus disambut Presiden Kuba, Raul Castro. Inilah pertama kalinya Paus berkunjung ke negeri pulau berhaluan komunis itu, dalam perjalanan yang akan berlanjut ke Amerika Serikat -bekas seteru bebuyutan Kuba yang kini mulai menormalisasi hubungannya.

 

926 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *