Jaga Kesehatan Mata dengan 10 Langkah Ini

beautiful-eyesRADIO SUARA WAJAR – Tahukah Anda jika kesehatan mata sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dan riwayat kesehatan kita?

Kondisi yang memicu penyakit kronis seperti diabetes, atherosclerosis dan demensia ternyata juga bereperan besar terhadap kesehatan mata Anda. Ahli gaya hidup sehat, Pamela M. Peeke, MD, MPH membagi tips menjaga kesehatan mata seperti dilansir Healthywomen, Rabu (6/5/2015) sebagai berikut:

1. Berhenti merokok.

024928400_1427346150-berentimeroko

Setiap orang pasti mengetahui dampak buruk dari merokok.

Anda berisiko mengalami degenerasi makula terkait usia (AMD). AMD adalah penyebab umum kebutaan bagi lansia di atas 65 tahun. Belum ada obat untuk penyakit ini, meski ada beberapa cara untuk menghambat prosesnya.

2. Gunakan kacamata hitam dan topi lebar ketika beraktivitas di luar ruangan di siang hari.

Dua langkah sederhana ini bisa mengurangi dampak kerusakan mata akibat sinar UV hingga 18 kali! Jika Anda menggunakan lensa kontak, pilihlah kontak lensa yang dilengkapi UV protection.

3. Jaga berat badan Anda.

042296600_1423143077-timbangan

Jika berat badan tersebut turun dengan cepat dan drastis, waspadalah

Apa hubungan antara berat badan dan kesehatan mata? Memiliki berat badan berlebih artinya Anda memiliki risiko terkena diabetes Tipe 2. Dan gangguan mata yang diakibatkan oleh diabetes adalah faktor utama kebutaan bagi lansia di bawah usia 65 tahun. Selain itu, studi kesehatan yang dilakukan Harvard Medical School menunjukkan wanita yang mengalami obesitas berisiko katarak. Hal tersebut mungkin berkaitan dengan tingginya kadar gula dalam darah.

4. Mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari, atau makan ikan dua sampai tiga kali seminggu.

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan terbukti mengurangi risiko gangguan mata AMD. sebaliknya, kurangi asupan minyak sayur dalam diet Anda karena hal tersebut akan meningkatkan risiko gangguan penglihatan.

5. Makan tiga porsi atau lebih buah-buahan dalam sehari.

Pada sebuah studi ditemukan, wanita yang mengonsumi buah tiga porsi sehari berisiko lebih rendah menderita AMD dibanding mereka yang makan buah kurang dari 1,5 porsi sehari.

6. Makan bayam.

spinach

Bayam

Bayam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, antioksidan tinggi yang bisa mengurangi risiko penyakit mata tertentu, seperti AMF. Lutein dan zaxanthin juga bisa ditemukan di sayuran berdaun hijau lainnya seperti kale dan collards, serta telur dan buah berwarna oranye.

7. Periksakan kondisi mata Anda setidaknya dua tahun sekali.

Anda juga bisa lebih sering memeriksakan mata jika mengidap diabetes atau masalah mata lainnya.

8. Jalan kaki 30 menit setiap hari. 

Jalan terbukti mengurangi tekanan intraocular pada penderita glaukoma. Dalam sebuah studi, pasien glaukoma yang rutin berjalan kaki empat kali seminggu selama 40 menit mengalami penurunan tekanan pada mata hingga bisa menghentikan pengobatan glaukoma.

9. Ganti produk make-up Anda setiap tiga sampai enam bulan.

060476600_1430725197-16

Terutama untuk maskara, eye liner dan bedak. Make up bisa saja terkontaminasi bakteri dari lipatan mata dan bulu mata. Hal itu bisa mengakibatkan mata infeksi.

10. Jangan tidur dengan menggunakan lensa kontak harian.

Bahkan, jangan gunakan lensa kontak lebih lama dari waktu yang ditentukan. Konsultasikan dengan dokter mata Anda Jika ingin menggunakan lensa kontak yang bisa dipakai semalaman.

 

911 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *