Cara Memperlakukan Anak Dan Dampak Merawat Anak Terlalu Over Protektif

anakdimarahits

Ilustrasi

RADIO SUARA WAJAR РJangan ini jangan itu, tidak boleh ini tidak boleh itu. Pernahkah Anda mengucapkan kata-kata seperti itu pada anak? Atau tidak sekedar pernah, tetapi justru sudah menjadi kebiasaan dan gaya dalam mendidik anak?

Sebagai orangtua apalagi jika anak-anak kita masih balita, tentunya kita menginginkan agar anak kita tumbuh sesuai dengan apa yang diharapkan. Kita pasti menginginkan balita kita tumbuh sehat, cerdas dan berkepribadian islami. Setiap hal yang bersinggungan dengan anak akan menjadi perhatian kita mulai dari kebiasaannya, perilakunya, mainan kesukaannya sampai teman bermainnya.

Perkembangan zaman dan tekhnologi yang tidak hanya memberikan efek positif tetapi juga efek negatif membuat kita makin meningkatkan penjagaan dan pengawasan terhadap anak. Tetapi terkadang kita sering lupa bahwa hal tersebut justru membuat kita over protektif pada anak.

Seorang anak memang membutuhkan arahan dari orangtua terkait hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Tetapi kita harus paham bahwa seorang anak pun butuh ruang untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya tanpa didikte oleh orangtua.

Berdasarkan pengalaman, terlalu mengatur dan memonopoli anak ternyata memberikan dampak negatif bagi tumbuh kembangnya. Atas dasar itulah kami sampaikan tips dibawah ini kiranya dapat Anda coba praktekkan dalam mendampingi anak Anda.

 

953 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *