Mantan Gubernur Papua Segera Diadili

Bansos-Segera-Dilimpahkan-ke-Pengadilan

Mantan Gubernur Papua Segera Diadili

Jakarta, Okazone.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyelesaikan berkas pemeriksaan terhadap perkara dugaan korupsi dalam pengadaan Detail Engineering Design PLTA di Sungai Mamberamo dan Urumuka tahun anggaran 2009-2010, Provinsi Papua.

Ketiga tersangka yang berkasnya telah rampung adalah mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu, mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua, Jannes Johan Karubaba serta Direktur Utama PT Konsultasi Pembangunan Irian Jaya, Lamusi Didi.

“Akhir pekan lalu, penyidik menyerahkan barang bukti dan ketiga tersangka ke penuntutan,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi, Priharsa Nugraha, saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (1/7/2015).

Menurut Priharsa, berkas perkara dari ketiga tersangka kini sudah dalam tahap penuntutan untuk disusun surat dakwaannya. Dalam waktu dekat,lanjutnya mereka bertiga segera menjalani persidangan.

“Perkara ketiganya rencananya akan dilimpahkan paling lambat pekan depan ke pengadilan,” kata Priharsa.

Seperti diketahui KPK menetapkan Gubernur Papua periode tahun 2006-2011, Barnabas Suebu sebagai tersangka kasus dugaan korupsi, pada Selasa, 5 Agustus 2014.

Dia dijerat dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Selain Barnabas, KPK juga menetapkan tersangka lainnya yakni mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua, Jannes Johan Karubaba serta Direktur Utama PT Konsultasi Pembangunan Irian Jaya Lamusi Didi.

Keduanya disangkakan pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Dari hasil kesimpulan sementara, KPK mencatat kerugian yang dialami negara adalah sekira Rp36 miliar. Namun, hal tersebut masih terus didalami oleh KPK.

Barnabas dan Lamusi Didi diketahui juga ditetapkan kembali sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana korupsi terkait kegiatan Detail Engineering Design (DED) PLTA Danau Sentani dan Danau Paniai tahun anggaran 2008 di Provinsi Papua.

1040 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *