Buah Manggis Tidak Diminati Asing Gara-gara Kuping Daun Rusak

Manggis

Manggis

Buah Manggis Tidak Diminati Asing Gara-gara Kuping Daun Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Divisi Hubungan Eksternal Asosiasi Hortikultura Nasional (AHN), Junardi Wigimin menyatakan, pemerintah perlu lebih bekerja sama dengan eksportir dalam proses ekspor buah ke luar negeri. Salah satunya, kata dia adalah buah manggis yang diekspor kerap tidak menarik minat asing karena daun kuping yang rusak. “Padahal itu karena kita (petani) melempar buah-buah itu sehingga rusak daunnya, sedang di Thailand disusun rapih. Maka itu penting adanya kerjasama lebih antara pemerintah dengan eksportir,” kata Junardi dalam acara “Indonesia-Thailand Fruit Business Matching” di Kedutaan Thailand, Jakarta, Selasa (24/2/2015).

Sebelumnya, menurut Direktur Departemen Perdagangan dan Promosi Internasional Thailand, Vilasinee Nonsrichai pekerjaan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi diperlukan juga niat dari para pekerjanya, dalam hal ini petani buah.

Hal ini diperkuat dengan perkataan Presiden Asosiasi Buah Thailand, Paiboon Wongchotsathit bahwa uang dari pemerintah bukanlah faktor utama dari peningkatan kualitas ekspor buah. Selain itu, Passakorn mengatakan inovasi juga menjadi salah satu kunci dari peningkatan kualitas ekspor buah Thailand. Dirinya memberi contoh inovasi terhadap buah durian, yang kini mendunia dengan nama durian monthong Thailand.

904 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *