Mau Nikah 2016 Tapi Pusing Cari Modal? ini Tipsnya

jangan-keburu-menikah-karena-alasan-alasan-iniRADIO SUARA WAJAR – Menikah adalah hal yang sangat sakral dan penting bagi setiap orang yang menjalaninya, hal ini membuat semua orang ingin memiliki momen pernikahan yang sempurna serta berkesan dalam ingatan para tamu yang menghadirinya.

Karena hal tersebut, maka kedua pasangan akan mengupayakan segala macam hal yang akan membuat acara pernikahan tersebut dapat berjalan lancar sebagaimana yang dikehendaki.

Kondisi finansial adalah salah satu satu penentu yang akan berperan penting di dalam lancarnya sebuah acara pernikahan. Tak jarang masalah keuangan menjadi alasan bagi banyak pasangan untuk berpikir ulang dan menunda untuk menikah karena banyaknya dana yang dibutuhkan saat menggelar sebuah pesta pernikahan.

Bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan, terutama bagi mereka yang menginginkan sebuah pesta pernikahan yang besar dan digelar di sebuah gedung dengan undangan dalam jumlah yang banyak. Pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan?.

Untuk mengatasi semua hal itu sebaiknya anda dan pasangan memulai semua rencana pernikahan anda dari awal, yang pertama dan sangat penting anda lakukan berdua adalah berdiskusi dan saling terbuka serta jujur antara satu dengan yang lainnya mengenai kondisi keuangan masing-masing.

Ada baiknya biaya pesta pernikahan ditanggung secara bersama-sama, hal ini akan memudahkan kedua belah pihak dan membuat segala rencana menjadi lebih mudah untuk direalisasikan. Anda dan pasangan dapat mulai menyusun anggaran dan menabung untuk biaya pernikahan tersebut secara bersama-sama.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan dalam mempersiapkan finansial sebelum pernikahan:
1. Miliki pekerjaan tetap
Anda dan pasangan akan lebih terjamin bila masing-masing telah memiliki pekerjaan yang tetap, yang artinya anda berdua telah memiliki penghasilan dan posisi yang tetap di perusahaan.

Hal ini sangat penting untuk dijadikan modal awal dalam menjalani sebuah pernikahan karena anda dan pasangan telah memiliki jaminan kemampuan untuk menanggung biaya hidup rumah tangga nantinya.

2. Mulai menabung bersama
Belakangan ini banyak pasangan yang memutuskan untuk menanggung biaya pernikahan mereka bersama-sama dan tak ada salahnya anda dan pasangan melakukan hal ini juga, mengingat jumlah biaya yang diperlukan untuk sebuah pernikahan akan sangat besar.

Susun anggaran pernikahan anda, atur segala pengeluaran dapat berfungsi dengan seefektif mungkin dan hindari pemborosan yang tidak perlu terjadi. Mulailah menabung dan menyicil biaya pernikahan tersebut dari gaji anda setiap bulannya.

Buatlah tabungan bersama yang pemakaiannya memang dikhususkan untuk keperluan pernikahan tersebut, tentukan jumlah persentase gaji anda dan pasangan yang akan ditabungkan setiap bulannya. Hal ini sangat penting, jadi pastikan anda dan pasangan memiliki komitmen yang jelas dan kuat untuk melaksanakan ini.
3. Lakukan investasi
Bila ternyata anda dan pasangan telah memiliki sejumlah tabungan, sedangkan waktu pernikahan yang anda dan pasangan tentukan masih cukup lama, maka anda dapat menginvestasikan dahulu uang tabungan tersebut.

Pilihlah investasi yang cukup aman, seperti, reksadana, deposito, ataupun membeli emas batangan. Dengan melakukan investasi selama beberapa waktu, maka dana yang anda miliki akan lebih bertambah jumlahnya bila dibandingkan dengan anda menyimpannya di dalam rekening tabungan yang cenderung memberi bunga yang tidak seberapa jumlahnya.
4. Minta dukungan orangtua
Tak ada salahnya anda dan pasangan meminta dukungan dari orangtua masing-masing, terutama bila orangtua memang memiliki kemampuan finansial yang cukup bagus. Orangtua tentu saja tidak akan keberatan untuk memberikan modal menikah bagi anak-anaknya, bukan?

Ini juga akan lebih baik bila dibandingkan anda harus meminjam kepada pihak kantor, bank ataupun tema-teman anda yang lainnya. Selain menghindari bunga, bantuan dana menikah dari orangtua juga akan membantu kondisi finansial anda dan pasangan tetap bisa berjalan baik setelah pernikahan karenaa tidak timbulnya hutang.
5. Mencari pinjaman modal
Jalan terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mencari pinjaman modal menikah, ini berlaku bila ternyata anda dan pasangan sudah sangat ingin menikah di saat kondisi finansial belum mendukung sepenuhnya. Pertimbangkanlah untuk mendapatkan pinjaman tanpa bunga, atau setidak-tidaknya dengan bunga yang sangat kecil saja.

Sudah siap menikah tahun ini?

Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang mesti dilakukan dalam menyiapkan finansial sebelum menikah? Lakukan tips-tips di atas, dan pastikan kondisi finansial Anda sudah terjamin sebelum menikah.

950 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *