Tapis Lampung ke Miss Universe

tapis_300x207RADIO SUARA WAJAR – Warga Sai Bumi Ruwa Jurai patut bangga. Sebab, tapis Lampung terus mendunia. Setelah Putri Indonesia Pariwisata 2015 Gresya Amanda membawa tapis Lampung ke Miss Supranational 2015 di Polandia, giliran Putri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri yang akan menggunakannya dalam ajang Miss Universe 2015 yang berlangsung pada 20 Desember di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

Mahasiswi Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang itu akan berada di Negeri Paman Sam hampir tiga pekan untuk mengikuti karantina. Dalam ajang tersebut, ia menyiapkan 25 busana yang dirancang khusus untuknya. Salah satunya busana bermaterikan tapis Lampung karya Juragan Kain Tapis Lampung by Mia Ayunda.

Busana tapis yang akan dipakainya bertajuk Mak Kow Tanding yang berarti tidak terkalahkan. Busana itu terdiri dari blazer dan celana panjang.

’’Dari segi tekstur, tapis jelas berbeda dari batik karena teksturnya timbul-timbul. Lalu bedanya tapis dengan tenun adalah tapis benar-benar hand made dengan benang emas, bukan ATBM. Jadi lebih mewah,” ujar salah seorang staf Juragan Kain Tapis Lampung by Mia Ayunda.

Busana tapis itu sempat diperagakan Anindya dalam jumpa pers jelang keberangkatannya di Graha Mustika Ratu, Jakarta, Rabu (25/11) malam. Busana pertama yang dipakainya dalam konferensi pers itu adalah gaun malam rancangan Anaz Khairunnas. Untuk kali kesekiannya, desainer berbakat ini merancang gaun yang membaluti tubuh Putri Indonesia di ajang Miss Universe. Kali ini, ia menciptakan gaun bertajuk Shining Irian.

Kekayaan alam tanah Papua yang mengandung emas dan perak menginspirasi Anaz dalam membuat gaun ini. Taburan kristal dengan warna perak gaun panjang bersiluet body-hugging ini melambangkan Irian yang dikenal dengan julukan Mutiara Hitam di Timur Indonesia.

Kemudian ia menggunakan cocktail dress rancangan Ivone Clothing. Uniknya, two-piece dress ini terdiri dari atasan halter neck hitam polos yang dipadukan dengan rok midi high-waist bergambar seorang bocah lelaki Papua. Busana selanjutnya, ia memakai tapis bertajuk Mak Kow Tanding karya Juragan Kain Tapis Lampung by Mia Ayunda.

Dihubungi tadi malam, Mijoy –sapaan akrab Mia Ayunda– membenarkan jika pihaknya diminta YPI (Yayasan Putri Indonesia) untuk men-support Anindya pada ajang Miss Universe di Las Vegas.

Artinya, kata dia, tidak terkalahkan. Bentuknya dengan penggabungan tiga tapis menjadi satu. Dengan harapan seorang putri yang memakainya akan memiliki kekuatan, kecantikan, dan kecerdasan yang tiada tanding.

’’Sesuai harapan kita semua, untuk Anindya dapat memenangkan ajang ini,” tuturnya seperti dilansir radarlampung.co.id.

Dia mengungkapkan, banyak yang komentar kenapa Anindya harus memakai crop top atau pants seperti itu untuk ajang sekelas dunia. Jawabannya karena itu adalah request dari Anindya sendiri kepadanya. Sebab, menurut dia, ini adalah karakter sebenarnya Anindya yang tomboi dan tegas.

’’Kami tidak pernah menawarkan baju untuk dipromosikan. Tetapi, pihak YPI yang menghubungi kami langsung dari Gresya sampai Anindya sekarang. Alhamdulillah. Apalagi saya bukan perancang. Saya pedagang atau pebisnis. Kami lebih senang disebut ini,” pungkasnya.

 

1509 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *