Tips Hilangkan Trauma pada Anak

R5d8z8upbQRADIO SUARA WAJAR – Mental anak yang belum siap membuatnya lebih rentan mengalami trauma dibandingkan dengan orang dewasa. Ejekan teman sebayanya, pertengkaran orangtua, kekerasan menjadi faktor utama anak mengalami trauma.

Trauma adalah gangguan psikis yang ditimbul karena adanya kejadian yang membuat anak menjadi tertekan. Ibu dan Ayah diharapkan dapat lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada si kecil, karena dampak yang dialami anak berbeda-beda.

Beberapa pakar mengatakan bahwa trauma akan lebih cepat hilang jika si kecil adalah seorang yang terbuka dan ceria. Nah, berikut ini adalah kiat mudah menghilangkan trauma pada anak:

1. Dukungan orangtua

Dukungan orangtua sangatlah penting untuk memperbaiki mental anak yang mengalami trauma. Ibu dan Ayah dianjurkan untuk terus menemani si kecil hingga masa penyembuhan. Selain itu, cara sederhana yang dapat Ibu dan Ayah lakukan adalah dengan terus mengajak si kecil berkomunikasi dari hati ke hati.

2. Memberi rasa aman dan nyaman

Cara paling efektif dan mudah untuk menghilangkan trauma anak dengan cepat adalah dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada si kecil. Memberikan pelukan kepada si kecil akan membuatnya merasakan kehangatan kasih sayang orangtua. Tak hanya itu, Ibu dan Ayah juga harus terus meyakinkan anak jika segala sesuatunya akan berjalan dengan baik. Dengan cara seperti itu, akan membuat trauma yang dialami si kecil secara perlahan akan segera hilang.

3. Jangan menyalahkan anak

Saat si kecil tengah mengalami trauma, Ibu dan Ayah jangan pernah memberikan komentar yang menyudutkan atau menyalahkannya. Kondisi tersebut akan membuat trauma yang dialami semakin bertambah parah. Justru sebaliknya, Ibu harus menenangkan ia dan mengatakan hal yang positif agar ia tetap semangat.

4. Memberikan hal yang disenangi anak

Menurut beberapa para ahli, memberikan hal yang disenangi anak merupakan salah satu cara sederhana menghilangkan trauma anak. Ibu dapat memberikan si kecil mainan atau barang yang ia sukai. Hal tersebut dinilai mampu memancing rasa senang si kecil.

5. Melakukan hipnoterapi

Hipnoterapi memang selalu diidentikkan dengan hipnotis yang membuat seseorang tidak sadarkan diri. Sikap sadar diri itu membuat seseorang tersugesti dan mau melakukan apapun yang diperintahkan, salah satunya yaitu untuk menghilangkan trauma.

 

1288 Total Views 2 Views Today

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *