Renungan Harian Selasa, 08 September 2015

Birth Of The Virgin Mary (2)Selasa, 8 September 2015
Pesta Kelahiran SP Maria

Injil: Mat 1:1-16.18-23

“ Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon, Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai, Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria, Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa, Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia, Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia, Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia, Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel, Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor, Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud, Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.”

RENUNGAN:

Penginjil Matius mengawali Injilnya dengan “Daftar Nenek Moyang Yesus Kristus” (Mat 1:1-16), dimulai dengan Abraham, orang pertama yang percaya kepada janji-janji Allah, melalui Daud, raja bangsa Israel yang besar. Maksudnya supaya kita melihat betapa sabar Allah – dalam kurun waktu yang mencakup banyak sekali generasi – dalam mempersiapkan umat-Nya bagi kedatangan sang Mesias. Allah itu setia dari satu generasi ke generasi berikutnya! Allah memang senantiasa Mahasetia! Tempat Maria pada bagian akhir daftar nenek moyang merupakan kesaksian penting dan kuat perihal kesetiaan Allah. Maria menanti-nantikan kedatangan sang Mesias dengan pengharapan yang dipenuhi sukacita. Dia tidak pernah meragukan bahwa Allah akan memenuhi janji-janji-Nya kepada dirinya dan kepada umat-Nya.

Pada hari ini Gereja merayakan kelahiran Santa Perawan Maria. Dalam artian yang sungguh riil, kelahiran Maria sebenarnya mempersiapkan penebusan kita. Dia adalah seorang pribadi manusia yang dipilih sejak sediakala untuk menjadi bejana yang melaluinya Allah akan menjadi manusia. Sebagai seorang pribadi pertama yang dipenuhi Roh Kudus dalam Perjanjian Baru, Maria dipenuhi dengan rahmat sejak dikandung, dan hidupnya membawa kepada kita rahmat penjelmaan dalam pribadi Putranya, Yesus Kristus.

Pesan Injil hari ini adalah bahwa Allah ingin agar kita menantikan Dia dengan penuh kepercayaan pada janji-janji-Nya. Walaupun kita bisa saja gagal, Ia tidak pernah gagal. Pada waktu kita belajar untuk menantikan Allah dengan penuh kepercayaan seperti Maria, maka Dia memberikan semua rahmat yang kita perlukan untuk bertekun dalam pengharapan dan antisipasi penuh sukacita akan pemenuhan janji-janji-Nya.

DOA:

“Ya Tuhan, Engkau adalah Allah Yang Mahasetia, tolonglah aku agar mau dan mampu menaruh kepercayaan pada kasih-Mu yang tidak pernah gagal dan bersukacita dalam penyelamatan-Mu. Amin.”

 

1094 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *