Legislator Filipina Akui Membantu Tersangka Pembunuh Imam

0827aRADIO SUARA WAJAR – Seorang legislator Filipina telah mengakui bahwa ia menyediakan kuasa hukum bagi pembunuh Pastor Fausto Tentorio, seorang misionaris Italia yang tewas di luar pastoran pada Oktober 2011.

Nancy Catamco mengatakan keluarga tersangka, yang tinggal satu distrik bersama dia, meminta bantuannya setelah kedua orang itu dituduh membunuh Pastor Tentorio di kota Arakan, Provinsi Cotabato Utara.

Catamco mengatakan kepada ucanews.com bahwa dia membantu para tersangka, Jimmy dan Robert Ato, mencari kuasa hukum, dengan meminta sebuah lembaga hukum lokal untuk menjadi pembela  mereka.

“Ato bersaudara tidak mampu  menyewa jasa hukum untuk membela mereka di pengadilan. Jadi saya meminta bantuan dari beberapa pengacara di Kota Kidapawan untuk memberikan jasa hukum, pro bono, kepada Ato bersaudara karena mereka menghadapi tuduhan. Jika ini salah, maka segala sesuatu di dunia ini salah,” kata wanita itu

Dalam pernyataan sebelumnya, Catamco menekankan bahwa kedua bersaudara tersebut belum didakwa dengan kejahatan apapun.

“Mereka tetap tidak bersalah … Mereka bukan buronan, karena tidak ada surat perintah penangkapan dikeluarkan terhadap mereka,” kata Catamco dalam sebuah pernyataan.

“Negara ini berkewajiban menyediakan jasa hukum untuk terdakwa jika mereka tidak mampu,” tambahnya.

Pastor Peter Geremia, rekan Pastor Tentorio, adalah anggota dari Institut Kepausan untuk Misi Asing (PIME),  mengatakan dalam sidang Komite HAM DPR  pada 13 Agustus bahwa Ato bersaudara sedang dilindungi oleh Catamco.

Namun, Catamco mencatat bahwa menyediakan pengacara “bukan merupakan tindak pidana.” Dia juga membantah bahwa para pembunuh itu diduga bekerja untuk dia.

Ketika diminta menanggapi pernyataan legislator tersebut, Pastor Geremia mengatakan dia berharap Catamco akan bekerja melihat bahwa kasus pembunuhan sepenuhnya diselidiki.

“Saya berharap dia juga akan membantu mempercepat penyelesaian kasus tersebut, memberikan Pastor (Tentorio) keadilan karena ebagaimana dia membantu para tersangka,” kata Pastor Geremia kepada ucanews.com.

 

989 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *