Tips Tidur Lelap dan Berkualitas

Young woman sleeping

RADIO SUARA WAJAR – Dari siapa lagi Anda mendapat tips agar bisa tidur lebih cepat dan lelap kalau bukan dari para dokter spesialis masalah tidur?

Salah satu rahasia wajah dan pikiran yang segar adalah tidur yang berkualitas. Jangan anggap sepele masalah tidur Anda, apalagi ketika Anda sampai mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Seperti yang dirilis Huffington Post, beberapa dokter spesialis masalah tidur ini berbagi resep tidur cepat dan berkualitas yang bisa Anda ikuti.

1. Meniup Gelembung

Yup, menurut Rachel Marie E Salas, MD, seorang profesor neurologi di Johns Hopkins University School of Medicine, meniup gelembung sabun dapat membuat Anda terlelap lebih cepat. Meniup gelembung sama halnya seperti melakukan latihan tarik napas, yang dapat membuat tubuh dan pikiran Anda tenang. Dan karena aktivitas ini terkesan playful, ini bisa membuat pikiran Anda teralihkan dari pikiran-pikiran yang mengganggu tidur Anda.

Tertarik untuk mencoba teknik pernapasan ini? Duduk di posisi yang nyaman, tutup mata Anda dan fokus dalam menghitung napas Anda selama 3-15 menit. Ketika pikiran Anda menerawang, mulai menghitung dari awal lagi. Para peneliti dari Nepal menemukan bahwa melakukan meditasi seperti ini hanya dalam beberapa menit saja dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung Anda, menyingkirkan kecemasan dan membantu Anda tidur lebih baik.

2. Mengalihkan Pikiran

Membaca buku sebelum tidur ternyata sangat dianjurkan oleh Janet K. Kennedy, PhD, seorang psikologis klinikal yang tinggal di New York City. Daripada berguling-guling di atas tempat tidur karena tidak bisa tidur yang malah akan membuat Anda tambah stres, karena aktivitas ini melepas adrenalin, mengalihkan pikiran Anda dengan buku yang bagus akan melepas lelah di tubuh Anda.

3. Tune Out

“Mendengarkan musik yang menenangkan dan lembut, tak hanya akan membuat Anda lebih cepat tidur, namun juga akan memperpanjang durasi tidur dan kelelapan tidur Anda,” ungkap James Maas, PhD, penulis buku Sleep for Success! Everything You Must Know About Sleep But Are Too Tired to Ask.

Penelitian juga menunjukkan, nada yang downtempo akan menurunkan detak jantung dan tekanan darah, yang akan membuat Anda menjadi lebih tenang.

4. Olahraga Malam

“Nge-gym sepulang kantor akan membuat Anda terkapar,” ungkap Orlando Ruiz-Rodriguez, MD, doktor spesialis tidur di rumah sakit South Seminole Orlando.

Sebuah studi di Swiss menyarankan untuk menyelesaikan olahraga yang intens selama 90 menit sebelum waktu tidur, akan membuat Anda tidur lebih cepat karena dapat menekan stres.

5. Abaikan Jam

Saat Anda mematikan lampu, jangan cek jam lagi, bahkan ketika Anda terbangun di malam hari. Begitu saran Nathaniel F Watson, MD, MSc, presiden dari American Academy of Sleep Medicine. Kalau Anda mencek jam, Anda akan mulai berpikir tentang berapa lama Anda ada di tempat tidur dan berapa waktu tersisa sampai Anda harus bangun. Pikiran seperti ini akan menciptakan rasa gelisah yang malah akan membuat Anda jadi susah tidur.

Hindari keinginan untuk mengecek jam dengan menjauhkan smartphone saat tidur, dan jangan gunakan jam yang mempunyai lampu yang menyala saat gelap.

6. Buat To-Do List

Biasanya, bila Anda tidak bisa tidur, berarti ada masalah yang sedang Anda pikirkan. Tulis hal-hal yang mengganggu Anda itu di atas sebuah kertas, dan cara Anda akan menyelesaikannya besok. “Ketika seseorang mempunyai banyak kekhawatiran, otak Anda tidak bisa beristirahat karena Anda masih mencoba memproses semua masalah itu di otak. Dengan menuliskannya di atas sebuah kertas, akan membuat Anda bisa mengontrol otak Anda dan menjadi relaks,” papar Andrew J Westwood, MD, profesor neurologi di Columbia University.

 

1026 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *