Gara-gara Begal Motor, Dua Desa Siaga Perang di Lampung

Ilustrasi.

Ilustrasi.

LAMPUNG TIMUR, RADIO SUARA WAJAR – Lampung kembali memanas. Hal ini menyusul tewasnya warga Desa Malangsari Kabupaten Lampung Selatan akibat dihakimi massa warga Desa Batu Badak Kabupaten Lampung Timur, Selasa (28/7) malam. Peristiwa itu saat akan melakukan mediasi atas tewasnya warga Desa Batu Badak yang dihakimi oleh warga Desa Mayang Sari beberapa waktu lalu yang tertangkap warga sedang melakukan aksi pembegalan.

Berdasarkan release berita tertulis yang diterima radio suara wajar melalui BlackBerry Messenger, beberapa saat lalu (29/07) dari Kabid Humas Polda Lampung AKBP Sulistyaningsih, masalah ini berawal saat warga Dusun Temanggung Desa Malangsari menghakimi dua warga Desa Jabung yang diduga sebagai pelaku pembegalan, sehingga satu orang tewas dan satu kritis pada Rabu (22/7) lalu.

Untuk meredakan suasana yang semakin memanas, Sekretaris Desa Malangsari Hadil Darmawan (40) mencoba melakukan negosiasi perdamaian antara desanya dengan Desa Batu Badak Kecamatan Jabung. Namun, ia justru tewas dianiaya.

Sebelumnya juga sudah ada perdamaian antara kedua belah pihak. Namun, bertepatan dengan “tahlilan” korban tewas itu, pihak aparat Desa Malangsari kembali ke Jabung untuk mempererat tali silaturahmi. Rombongan aparat desa itu di antaranya Kapolsek Tanjung Bintang Kompol Tri Hendro Prasetyo bersama tiga anggotanya, yakni Ipda Sukandar, Aiptu Heri Haryono, Aiptu Irwan Khusairi, kepala dusun dan Sekdes Malangsari. Rombongan tiba di rumah duka pukul 19.00 wib.

Tetapi saat keluar dari rumah duka di Desa Batu Badak, Sekdes Malangsari Hadil Darmawan, dianiaya oleh massa hingga kritis, dan akhirnya meninggal dunia. Kapolsek Tanjungbintang bersama rombongan juga sempat disandera, namun berhasil dikeluarkan setelah dibantu aparat gabungan dari Lampung Timur, sedangkan kendaraan mereka dirusak massa.

Menurut Kabid Humas Polda Lampung, sebanyak 600-an personel gabungan dari TNI dan Polri saat ini disiagakan untuk mengantisipasi bentrokam warga antar Desa Malangsari Kabupaten Lampung Selatan dengan warga Desa Batu Badak Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur.***(Ant)

Reporter : Robert

5103 Total Views 1 Views Today

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *