Tips Rumah Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

556d2d990423bd0d378b4567

Tips Rumah Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Tinggal menghitung hari. Hari Raya Idul Fitri 1436 H segera datang. Di Indonesia, merayakan hari raya tersebut tentu identik dengan istilah ‘mudik lebaran’ atau pulang ke kampung halaman demi bertemu sanak saudara.

Namun, bagaimana nasib rumah yang ditinggalkan? Apakah sudah aman? Coba ikuti tips yang dilansir dari laman foxbusiness pada Rabu (8/7/2015).

1. Pastikan jendela dan pintu telah terkunci rapat. Selain mengunci, bisa juga tambahkan perekat untuk mempersulit pencuri membukanya.

2. Menghentikan pengiriman surat dan koran. Surat dan koran yang menumpuk hanya akan membuat rumah tampak tak berpenghuni dan hal ini bisa memancing maling.

3. Atur waktu lampu otomatis. Membiarkan lampu tetap menyala atau justru tidak menyalakan lampu akan membuat pencuri berpikiran bahwa rumah Anda sedang dalam keadaan kosong. Jika memiliki sistem lampu yang bisa hidup dan mati secara otomatis, ada baiknya Anda memaksimalkan fungsinya.

5. Minta tetangga atau satpam untuk melihat rumah. Alasannya, jika ada orang memperhatikan rumah maka pencuri pun bisa mengurungkan niat beraksi.

6. Cabut kontak listrik dari segala barang yang tidak perlu menyala sepanjang hari. Bukan hanya kriminalitas saja yang dapat menghantui rumah Anda saat mudik lebaran nanti. Bahaya juga bisa berasal dari barang-barang (terutama barang elektronik) yang dapat menyebabkan arus pendek dan membakar seluruh isi rumah. Tidak mau kan?

7. Kosongkan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember atau alat penampungan lainnya. Jika memang harus tetap terisi setidaknya tutup dengan rapat atau taburkan bubuk abate sebagai upaya pencegahan menjadi sarang nyamuk demam berdarah. Gak lucu kan kalau rumah kita nantinya membawa musibah kepada tetangga gara-gara menjadi sarang nyamuk DBD.

8. Buang semua sampah yang berada dalam tempat sampah atau plastik penampungan sampah. Jangan pernah meninggalkan sampah organik karena bisa jadi akan mengundang semut dan hewan kecil lainnya. Pastikan semua tempat sampah tertutup atau di telungkupkan supaya tidak menjadi sarang cicak atau tempat peraduan kecoak dan lainnya.

9. Amankan barang-barang yang sekiranya cukup berharga di tempat yang sulit dijangkau atau tempat yang tidak mudah dicurigai sebagai tempat penyimpanan benda berharga. Misalnya simpan perhiasan di kaus kaki lalu masukkan ke sepatu seolah tak ada apa-apa di sepatu itu. Kreatif saja. Yang jelas lakukan kamuflase sebaik mungkin. Hal-hal yang dihiraukan pencuri akan semakin baik menjadi tempat menyimpan barang berharga. Salah satunya kotak bekas es krim yang dimasukkan kedalam freezer akan menjadi brangkas yang sempurna hahahaha.

10. Jika memiliki binatang peliharaan sebaiknya dititipkan di pet shop. Terkadang kebun binatang pun bisa menerima titipan peliharaan saat hari raya seperti lebaran. Jangan pernah meninggalkan binatang peliharaan tanpa pengawasan apalagi ditinggal mudik berhari-hari. Tindakan memenuhi makanan binatang peliharaan sebanyak-banyaknya sebagai stock makan tidak akan dipahami oleh seekor binatang manapun karena mereka tidak bisa berpikir.

11. Pasang CCTV yang bisa dipantau melalui internet tentu akan lebih membuat kita merasa nyaman dan aman. Meskipun tidak terkoneksi langsung ke internet setidaknya hal-hal yang tidak diinginkan akan terekam dan tersimpan dalam memory CCTV.

Demikian beberapa tips meninggalkan rumah saat mudik. Memang akan lebih baik jika ada orang yang dipercaya untuk menuggu rumah kita. Selamat mudik, selamat berlebaran di kampung halaman. Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup agar dapat kembali ke perantauan dengan selamat.

834 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *