Mangkrak 12 Tahun, Jembatan Soekarno Rp 300 Miliar Akan Diresmikan Jokowi

jembatan72

Mangkrak 12 Tahun, Jembatan Soekarno Rp 300 Miliar Akan Diresmikan Jokowi

Jakarta, finance.detik.com – Jembatan Ir Soekarno di Kota Manado, Sulawesi Utara yang sempat mangkrak hampir 12 tahun akan diresmikan Mei 2015. Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya akan meresmikan jembatan panjang total hingga 1,127 Km yang menelan anggaran ratusan miliar rupiah.

“Pekerjaan tinggal pengaspalan dan pemasangan lampu penerangan jalan. Pembangunan jembatan ini juga akan ditinjau dan sekaligus diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Mei ini,” kata Kasubdit Wilayah III A Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, dan selaku Pelaksana Harian Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XI, Sadarih Ginting seperti dikutip dari situs PU, Rabu (29/4/2015).

Pembangunan jembatan terletak di Kota Manado tepatnya melintasi atas Sungai Tondano dan Pelabuhan Manado, yang merupakan bagian dari Manado Outer Ring Road dan akan menghubungkan Boulevard I, Boulevard II, dan By Pass Manado. Beroperasinya jembatan ini diharapkan beban lalu lintas Kota Manado dapat berkurang, menjadi bagian pusat kota, dan menunjang pariwisata.

Jembatan Soekarno dibangun dimulai sejak tahun 2003 saat Presiden Megawati Soekarnoputri, panjang total penanganan 1.127 m dan lebar 17 m dengan anggaran Rp 300,28 miliar didanai dari APBN murni. Pekerjaan ini dilaksanakan dengan kontrak tahunan dan kontrak tahun jamak.

“Tahun ini adalah tahun terakhir pekerjaan pembangunan Jembatan Dr. Ir. Soekarno yang berdasarkan kontrak akan berakhir pada Agustus mendatang, namun kami menginginkan selesai pada Mei mendatang,” katanya.

Sebelumnya rombongan Komisi V DPR RI dipimpin oleh Lasarus, Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP melakukan kunjungan kerja masa reses ke sejumlah proyek pembangunan jalan dan jembatan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. Senin lalu (27/4/2015)

Proyek pembangunan infrastruktur yang ditinjau antara lain pemeliharaan berkala jalan pasca bencana alam ruas Jalan Lembong Manado-Tomohon-Jalan Yos Sudarso dan Wori-Batas Kota Manado, pembangunan Jalan Manado By Pass (Kairagi-Bengkol, Maumbi–Kairagi), pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung (STA. -0+900 s.d. STA. -0+300), dan termasuk pembangunan Jembatan cable stayed Soekarno.

1227 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *