Kecelakaan di Lab Kimia UI, 14 Mahasiswa Terluka

kecelakaan-di-lab-kimia-ui-14-mahasiswa-terluka-ZlapnPc3Lj

Kecelakaan di Lab Kimia UI, 14 Mahasiswa Terluka

DEPOK, Okezone.com – Kecelakaan kerja terjadi di Laboratorium Kimia Kualitatif, Lantai 2 Gedung J Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) sekira pukul 10.30 WIB saat para mahasiswa FFUI menjalankan kegiatan perkuliahan praktikum. Akibatnya, 14 orang mengalami luka-luka.

“Luka yang dialami para korban adalah luka jahitan dan luka di bagian sekitar wajah dan leher akibat serpihan kaca dari labu destilasi (tidak ada yang terluka akibat bahan kimia karena pada praktikum tersebut tidak menggunakan bahan kimia berbahaya),” tegas Kepala Kantor Komunikasi UI, Rifelly Dewi Astuti, Senin (16/3/2015).

Seluruh korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit Bunda Margonda untuk mendapat perawatan. Saat dikonfirmasi, seluruh pasien sudah diperbolehkan pulang dari RS Bunda Margonda setelah mendapatkan observasi.

“Seluruh korban merupakan mahasiswa farmasi angkatan 2013. UI turut berduka atas musibah ini. UI berharap dan berupaya agar musibah ini tidak akan terulang di masa yang akan datang. Ke depannya, para civitas akademika UI, khususnya program studi yang menjalankan kegiatan praktikum, diharapkan dapat terus berhati-hati, fokus, dan tetap selalu mengikuti instruksi dan prosedur yang telah ditetapkan,” ujarnya seraya menegaskan bahwa Tim Laboratorium telah menjalankan tugas sesuai standar operasional prosedur (SOP).

Musibah terjadi ketika kegiatan praktikum telah berjalan karena mahasiswa terlambat mengangkat pemanas bunsen hingga larutan sampel dalam labu destilasi hampir kering, sehingga terjadi ledakan.

869 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *