ISIS Terima Sumpah Setia Boko Haram

150307201210_sp_boko_haram_624x351_afp

Kelompok Boko Haram tampak membawa bendera ISIS

ISIS Terima Sumpah Setia Boko Haram

bbc.co.uk – Kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam ISIS menerima ‘sumpah setia’ dari militan Nigeria Boko Haram, menurut sebuah pesan audio. Dalam sebuah rekaman, yang belum dapat diverifikasi, seorang juru bicara ISIS mengatakan tujuan untuk mendirikan sebuah kekhalifahan diperluas ke Afrika Barat.

Pekan lalu, Boko Haram mempublikasikan sebuah pesan untuk bergabung dengan ISIS. Boko Haram mulai sebuah kampanye militer untuk mendorong kekuasaan Islamis di bagian utara Nigeria pada 2009.

Konflik tersebut menyebar ke negara tetangga. ISIS menguasai sejumlah wilayah Tikrit dan Mosul di Irak dan Suriah. Dalam sebuah rekaman itu, seorang pria – yang menggambarkan dirinya sebagai juru biaca ISIS Mohammed al-Adnani – mengatakan: “Kami mengumumkan kepada Anda sebuah berita baik mengenai ekspansi kekhalifahan ke Afrika Barat karena khalifah… telah menerima sumpah setia saudara-saudara kita kelompok Sunni untuk menyebarkan jihad.”

Juru bicara juga mendesak kaum Muslim untuk bergabung dengan militan di Afrika Barat, dan menolak tuduhan bahwa pasukan Irak dan koalisi pimpinan AS telah memenangkan serangkaian serangan mewalan ISIS di Irak dan Suriah. Rekaman audio itu tidak dapat diverifikasi secara independen.

ISIS bertujuan untuk mendirikan sebuah kekhalifahan, sebuah negara yang diperintah oleh seorang pemimpin politik dan agama sesuai dengan hukum Islam atau Syariah. Pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi, yang juga dikenal oleh pengikutnya dengan nama Khalifah Ibrahim.

Dalam sebuah pesan audio yang dipublikasikan pada Sabtu lalu, pemimpin Boko Haram mengatakan :”Kami mengumumkan kesetiaan kapada khalifah… dan akan mendengar dan patuh dalam kesulitan dan kesejahteraan. “Kami menyerukan kepada Umat Islam dimanapun untuk bersumpah setia kepada khalifah.” ISIS telah memperluas jaringan dengan kelompok militan lain di penjuru Afrika Utara dan Semenanjung Arab. Pada November lalu, Abu-Bakr al-Baghdadi menerima sumpah setia dari jihadis di Mesir, Libia, Aljazair, Yaman dan Arab Saudi.

954 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *