Imam tuna rungu pertama di Asia Tenggara

 

RADIO SUARA WAJAR – Uskup Agung Singapura Mgr William Goh, menahbiskan ┬áPastor Rowland Yeo OFM di Gereja St. Mary of the Angels di Bukit Batok, Singapura pada 28 November 2015. Pastor Rowland Yeo OFM menjadi imam tuna rungu pertama di Asia Tenggara yang ditahbiskan di Singapura, dan salah satu dari 25 imam tuna rungu di seluruh dunia.

Pastor Rowland merayakan Misa publik pertamanya di Gereja Hati Kudus dengan menggunakan bahasa isyarat, dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan bahasa lain.

Pastor Rowland bergabung dengan Ordo Fransiskan tahun 1997, dan menekuni panggilannya secara serius dan mengambil kaul pertama tahun 2003. Ia ditahbiskan menjadi diakon pada Juni tahun lalu.

Terinspirasi oleh Santo Fransiskus dari Assisi, Pastor Yeo bergabung dengan Fransiskan tahun 1997.

Pastor Rowland Yeo OFM lebih dari seorang pemimpin rohani; ia telah menjadi panutan bagi siapa saja yang takut dengan keterbatasan mereka.

Belum lama ini konferensi untuk kaum tuna rungu Katolik termasuk para pastor dan suster digelar di Bangkok, Thailand.

Pembicara kunci pada konferensi itu adalah Pastor Cyril Axelrod CSsR, yang adalah salah satu imam tuna rungu. Dia berharap Paus Fransiskus menerima mereka yang tuna rungu yang berniat mengikuti panggilan imamat dan kehidupan religius.

Konferensi ini mengumpulkan lebih dari 100 peserta dari Thailand, Kamboja, India, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Laos, Macau, Hong Kong, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Sri Lanka, serta Inggris dan Amerika Serikat.

 

814 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *