Masakan Khas Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat

RADIO SUARA WAJAR – Pernahkah anda bepergian ke NTB ?, Perlu anda tahu  Nusa Tenggara Barat ini merupakan sebuah provinsi di Indonesia. sebagian besar pulau ini adalah pulau lombok, di nusa tenggara barat ini di huni oleh suku Sasak, dan juga suku Bima dan Sumbawa yang merupakan etnis terbesar di Pulau Sumbawa.

Di pulau Nusa Tenggara Barat ini banyak terdapat makanan khas yang patut anda cicipi di kala anda berkunjung ke pulau NTB ini, di sini ada lima makanan khas nusa tenggara barat yang terkenal, di antaranya Ayam Taliwang, Sate Bulayak, Plecing Kangkung, Bingka Dolu Gula Merah dan Nasi Terara.

Untuk itu jika anda berwisata jangan sampai tidak mencicpi makanan tersebut, makanan yang juga merupakan icon indonesia yang harus di kembangkan, berikut adalah penjabaran makanan khas Nusa tenggara barat.

5 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat
1. Ayam Taliwang
ayam-taliwang1
Ayam Taliwang ini merupakan makanan khas Nusa Tenggara barat yang terbuat dari berbahan dasar daging ayam. Bahan dasar Daging ayam yang di masak dengan dibakar dengan bumbu rempah-rempah cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. biasanya makanan ini di sajikan dengan plecing kangkung.
2. Sate Bulayak
Sate-Bulayak-Khas-Nusa-Tenggara-Barat

Makanan khas nusa tenggara barat selanjutnya adalah Sate bulayak, Sate ini terbuat dari bahan dasar daging sapi yang di bumbui dengan bumbu khas Lombok, biasanya dalam penyajian makanan ini di sajikan dengan lontong (bulayak). yang di atasnya di beri bumbu sate yang terbuat dari kacang tanah sangrai tumbuk dengan direbus bersama santan juga beberapa bumbu lainnya, sehingga makanan khas ini rasanya mirip bumbu kari.

3. Plecing Kangkung
Resep-Plecing-Kangkung
Makanan khas nusa tenggara barat yang ke tiga adalah plesing, makanan yang terbuat dari bahan dasar kangkung. Makanan plecing kangkung ini merupakan kangkung yang direbus dan kemudian disajikan saat dingin dan segar dengan paduan sambal tomat, sambal tomat yang juha di masak dengan bumbu khas terdiri dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan untuk tambahan di beri tetesan jeruk limau. plecing kangkung ini biasanya disajikan dengan tambahan sayuran diantaranya taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap.
Bahan dasar kangkung yang digunakan untuk masakan ini berbeda dengan kanggkung pada umumnya, kangkung ini berupa kangkung air yang biasanya terdapat di sungai yang mengalir dengan metode tertentu, sehingga menghasilkan kangkung dengan batangan besar dan juga renyah.
4. Jaje Tunjak Lapis Poteng

potengjajetujak

Makanan khas nusa tenggara barat yang ke empat adalah Jaje tunjak lapis, yaitu tape ketan yang dimakan bersamaan dengan ketan kukus. makanan ini dibuat dari ketan bercampur parutan kelapa, dan dikukus dengan campuran sedikit garam. Sedangkan poteng sendiri merupakan tapai ketan yang dalam proses pembuatannya dicampur perasan daun sager.
5. Sate Pusut

sate-pusut

Sate pusut ini merupakan sate yang sama seperti pada umumnya sate, juga di masak dengan bumbu khas rempah-rempah, dengan irisan daging yang di iris tipis sekitar 3 cm, dan kemudian di pukul-pukul sampai melebar, selanjutnya diaduk dengan bumbu khasnya yang terdiri dari santan, daun jeruk, garam, dan lada,  sampai rata. untuk penyajian sate ini dihidangkan bersama tomat dan lapapan sawi, sungguh tak bisa membendung tuntutan perut untuk mencicipinya.

 

2173 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *