14 Telur Komodo Menetas di Sarang Burung Maleo

Satwa komodo

Sebanyak 14 telur satwa komodo di kawasan konservasi Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada, menetas pada Kamis (5/3/2015)

 

14 Telur Komodo Menetas di Sarang Burung Maleo

BAJAWA, KOMPAS.com – Sebanyak 14 telur satwa komodo di kawasan konservasi Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, Kabupaten Ngada, menetas pada Kamis (5/3/2015) kemarin. Staf Resor Konservasi Taman Wisata Alam 17 Pulau Riung, Siprianus Meo, Jumat (6/3/2015) menjelaskan, penetasan dalam pemantauan ini merupakan kali pertama. Sebelumnya, tidak pernah ada penetasan telur komodo yang terjadi di bawah pemantauan.

Siprianus menjelaskan, awalnya peneliti dari Yayasan Komodo Survival Program yang bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang melakukan pemantauan di sarang. Sementara itu, menurut Kepala Seksi Wilayah III Balai Konservasi Sumber Daya Alam Flores, Lembata dan Alor, Yance Mangu, di Bajawa, 14 telur itu menetas di Pulau Ontoloe.

Yance mengatakan, yayasan tersebut telah melakukan penelitian terkait populasi komodo di Cagar Alam Waewul di Manggarai Barat. Satwa Komodo yang menetas ini selanjutnya dipantau oleh BKSDA dan Yayasan Komodo Survival Program. “Selama ini satwa Komodo menetas di alam bebas. Namun, kali ini baru pertama kali dipantau,” ujar Yance.

1038 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *