Mencari Solusi Listrik Biarpet, Senin Diskusi Lampung Profesional Seri 4

jaringan-sutt-pln_20151120_071718RADIO SUARA WAJAR – Tribun Lampung melalui Forum Lampung Profesional bekerja sama dengan The 7th Hotel Lampung kembali menggelar diskusi bulanan. Kali ini, temanya yaitu “Listrik Biarpet, Apa Solusinya?”.

Tema ini sengaja dipilih guna mencari solusi bersama atas persoalan krisis listrik di Bumi Ruwa Jurai. Saat ini, kondisi listrik di Lampung sangat pas-pasan, bahkan cenderung minus. Pada beban puncak, pemakaian listrik di Lampung mencapai 854 MW. Sementara, listrik yang dimiliki Lampung dari seluruh pembangkit milik PLN hanya sebesar 540 MW.

Kekurangan pasokan listrik selama ini ditransfer dari Sumatera Selatan sebesar 320 MW. Pada kondisi normal, Lampung hanya memiliki surplus daya listrik sebesar 11 MW. Idealnya sebesar 30 persen dari total beban puncak yaitu 246 MW. Karena kondisi itu pula, banyak pelaku usaha yang kesulitan mendapatkan aliran listrik dan masuk daftar tunggu (waiting list).

“Melalui diskusi ini, kita ingin mencari solusi bersama, bagaimana mengatasi listrik di Lampung, khususnya untuk dunia usaha. Sebab, pelaku usaha biasanya membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Selain itu, listrik merupakan komponen penting investasi. Jika tidak ada listrik, maka investor menjadi kurang tertarik berinvestasi,” ujar Ketua Panitia Diskusi Safruddin, seperti dilansir tribunnews.com, Sabtu (23/4).

Diskusi ini mengundang sejumlah pihak. Mulai dari General Manager PT PLN Distribusi Lampung M Irwansyah Putra, Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal, Ketua YLKI Lampung Subadra Yani, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Lampung, serta para pengusaha di Lampung. Harapannya, kata Safruddin, didapat solusi bersama atas kondisi listrik di Lampung serta muncul ide dan masukan positif bagi pengembangan listrik di Lampung ke depannya.

 

382 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *