77 Pejabat Eselon Empat di Lampung ikuti Diklatpim

Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis saat membuka Diklatpim di Aula Badan Diklat Provinsi Lampung, Selasa 12 April 2016.

Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis saat membuka Diklatpim di Aula Badan Diklat Provinsi Lampung, Selasa 12 April 2016.

BANDAR LAMPUNG, RADIO SUARA WAJAR — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Badan Diklat Daerah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Angkatan I dan II. Kegiatan yang diperuntukan bagi pejabat di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung berlangsung di Aula Badan Diklat Provinsi Lampung, Selasa 12 April 2016.

Diklatpim merupakan salah satu instrumen pembinaan bagi aparatur, dalam manajemen kepegawaian untuk meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu menjadi pemimpin yang dapat memberikan pelayanan terbaik. Selain itu aparatur pemerintah khususnya di Lampung kiranya mampu mengimplementasikan prinsip-prinsip good governance, terutama aspek transparansi, akuntabilitas dan partisipatif.

Dimikian dikatakan Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis mewakili Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

“Diklat kepemimpinan sangat penting bagi calon pejabat atau yang telah menduduki jabatan. Dengan demikian diharapkan akan dihasilkan seorang pemimpin yang ahli dan profesional yang mampu mengayomi, membimbing dan mengarahkan stafnya untuk berkeinginan sama dalam mencapai tujuan organisasi,” jelasnya.

Selain itu, Hamartoni menghimbau agar pelaksanaan Diklatpim ini kiranya dapat berorientasi dengan para pelayanan serta kualitas sarana dan prasarana yang baik, tenaga pengajar yang berkualitas serta kemampuan peserta diklat yang terseleksi dengan baik.

“Sehingga Badan Diklat Provinsi Lampung akan mampu memiliki daya saing dalam konstelasi regional maupun nasional, serta mampu menghasilkan peserta diklat yang profesional, yang mampu melakukan inovasi dan mengimplementasikan proyek perubahan di instansinya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Diklat Daerah Provinsi Lampung Adriyana Umar menjelaskan kegiatan ini dimulai 12 April sampai 6 Agustus 2016. Menurutnya sebanyak 77 peserta adalah yang telah menduduki jabatan struktural eselon IV di lingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“Pelaksanaan Diklatpim Tingkat IV akan membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin peubahan pada pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing,” jelasnya.

Diinformasikan Kabag Humas Heriyansyah, kurikulum yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran Diklatpim ini mencakup lima tahap pembelajaran. Kelimanya yakni tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, tahap membangun komitmen bersama, tahap merancang perubahan dan membangun tim, tahap laboratorium kepemimpinan dan tahap evaluasi.***

Reporter : Robert

557 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *