Trik Hilangkan Sifat Pemalu untuk Lebih Percaya Diri

malutipsRADIO SUARA WAJAR – Jika Anda bosan mendengar keluhan orang-orang di sekitar soal sifat Anda yang sangat pemalu, mulai saat ini pertimbangkan untuk membuat sejumlah perubahan kecil namun penting dalam hidup.

Memiliki sifat pemalu tidak buruk, tetapi dapat menghambat Anda mencapai tujuan dan menjalani hidup dengan sepenuhnya. Mengatasi rasa malu memang bisa sangat sulit. Namun bersiplah untuk tetap sabar dan banyak berlatih.

Pertama-tama, Anda harus berhenti membandingkan dengan orang lain dan belajar untuk mencintai diri sendiri. Yakinkan diri bahwa Anda unik, indah, dan memiliki banyak bakat serta keterampilan. Nah, berikut sejumlah trik efektif hilangkan sifat pemalu dan jadi lebih berani.

1 Banyak Latihan
Selama ini Anda cenderung berlatih di depan cermin sekadar untuk tersenyum lebih lebar dan melakukan kontak mata? Sekarang, coba mintalah seorang teman, sahabat, anggota keluarga atau rekan kerja untuk membantu Anda menjadi lebih percaya diri.

Ketika berbicara pada mereka, pastikan Anda tersenyum dan menjaga kontak mata dengan baik. Apakah Anda merasa senyum yang tersungging tak terlihat palsu? Jika senyum tulus yang Anda berikan, maka tak seorang pun akan percaya Anda adalah seorang pemalu.

Anda juga bisa meminta orangtua atau teman untuk berlatih berjabat tangan erat. Sebuah jabat tangan erat akan membuat orang-orang berpikir Anda adalah orang yang sangat kuat dan percaya diri.

2 Lebih Sering Keluar Rumah
Kunjungi museum lokal, bergabung dengan grup atau komunitas tertentu, pergi ke gym terdekat, mendaftar jadi relawan, atau membantu orang-orang yang membutuhkan. Dengan begitu, Anda akan melihat semua kegiatan sangat menarik dan membuat diri Anda jadi lebih terbuka.

Dampaknya, tak seorang pun akan mengatakan Anda adalah orang yang pemalu. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan hanya dengan berdiam di rumah dan duduk di depan komputer atau teve. Salah satu cara paling efektif untuk mengurangi rasa malu adalah dengan menambah intensitas ke luar rumah. Sehingga Anda akan belajar bagaimana berbicara dengan orang lain, membuat teman baru, dan melakukan perbuatan baik pada saat yang sama.

3 Lakukan Percakapan
Lupakan membuka obrolan dengan kalimat standar seperti, “Cuaca hari ini baik-baik saja, ya!” atau “Kau tampak hebat (padahal mereka tak benar-benar tampak hebat) hari ini!” Juga hindari bicara tentang isu-isu politik atau agama.

Membuka pembicaraan tentang cuaca sangatlah membosankan dan tak akan membuat Anda mendapat lebih banyak teman. Anda boleh saja mengatakan, “Hai, saya Jessica. Saya ingin jadi sukarelawan, tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Bisa tolong bantu saya?” atau “Lucu sekali kucing peliharaanmu. Boleh, ya, saya main dengannya?”

Memulai percakapan seperti ini, terutama terhadap orang baru, bagi si pemalu mungkin akan terasa aneh. Tetapi Anda tak akan pernah membuat lebih banyak teman dan akan tetap menjadi Si Pemalu, jika tetap diam sepanjang waktu.

4 Jangan Bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain
Inilah tips menghilangkan sifat pemalu yang paling penting. Jika ternyata selama ini Anda selalu membandingkan diri dengan orang lain, coba kurangi secara perlahan. Terkadang, kita begitu sibuk membandingkan diri dengan orang lain yang tak pernah melihat keindahan dan prestasi kita.

Jika Anda adalah seorang gadis pemalu yang introvert dan teman Anda adalah seorang ekstrovert yang begitu terbuka, tidak berarti ia akan selalu lebih baik dari Anda. Setiap orang memiliki ketidaksempurnaan. Untungnya, rasa malu bukanlah ketidaksempurnaan, yang berarti Anda dapat mengatasinya meski harus melalui beberapa upaya dan butuh waktu.

Memiliki sifat pemalu tidak buruk, tetapi dapat menghambat Anda mencapai tujuan dan menjalani hidup dengan maksimal. Mengatasi rasa malu memang bisa sangat sulit. Maka, bersiplah untuk tetap sabar dan banyak berlatih.

Pertama-tama, Anda harus berhenti membandingkan dengan orang lain dan belajar untuk mencintai diri sendiri. Yakinkan diri, Anda unik, indah dan memiliki banyak bakat dan keterampilan. Nah, berikut sejumlah trik menghilangkan sifat pemalu.

5 Jangan Pernah Merasa Ditolak
Memang, tak semua orang ingin berbicara dengan Anda. Mereka mungkin tak mengerti Anda atau terlalu sibuk untuk bercakap-cakap. Penolakan dapat memengaruhi rasa percaya diri sehingga Anda tak harus membiarkan rasa penolakan itu semakin membuat Anda malu bicara.

Jangan terlalu dibawa perasaan ketika ada seseorang yang tampak tak bersedia bicara lebih lama dengan Anda. Ini terjadi pada semua orang, kok. Jangan sampai hal ini membuat Anda meragukan keunikan dan kemampuan diri Anda. Mereka yang menolak ini justru akan membantu Anda timbuh jadi lebih kuat dan lebih sukses.

6 Menerima Diri Sendiri
Coba tanyakan kepada orang pemalu, apa saja kelemahan mereka? Pasti Anda akan mendengar daftar panjang yang seolah tak berujung darinya. Sebaliknya, tanyakan kepada orang pemalu, apa kekuatan mereka? Bisa jadi mereka akan mengatakan tak memiliki kekuatan apa pun.

Namun pada intinya, setiap orang di dunia ini memiliki kelemahan dan kekuatan. Lihatlah cermin dan coba temukan kekuatan Anda. Atau, minta teman untuk membantu.

Cara ini akan lebih mudah dilakukan untuk melihat hal-hal yang salah pada Anda. Namun menerima diri sendiri, baik kelemahan dan kekuatan, dan berhenti bersembunyi dari orang-orang, akan membuat Anda jadi lebih kuat dan percaya diri.

7 Lakukan Olah Raga di Luar Ruang
Tips menghilangkan sifat pemalu yang terakhir adalah dengan membiasakan diri berolahraga secara teratur untuk membuat tubuh bugar dan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Olahraga juga dapat membantu Anda lebih relaks dan tenang, sekaligus melawan stres. Cobalah berjalan-jalan, jogging, atau melakukan 2 – 3 jenis latihan dalam sehari untuk mencapai tujuan kebugaran sekaligus mengatasi rasa malu.

Nah, menjadi pemalu sebenarnya tak seburuk yang Anda pikir sebelumnya, tapi jika Anda ingin lebih berani, coba lakukan 7 tips menghilangkan sifat pemalu tersebut. Tetapkan tujuan untuk mengatasi rasa malu dan pastikan untuk melakukan yang terbaik untuk mencapainya. Jika Anda adalah orang yang pemalu di masa lalu, kini Anda akan tercengang melihat perubahan pada diri seniri. Silakan coba!

 

1013 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *