Renungan Harian Sabtu, 15 Agustus 2015

yesus-dan-anak-anak-mengasihi-anak-anakBacaan Injil: Mat. 19:13-15

Sekali peristiwa, orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya me¬marahi orang-orang itu. Tetapi Yesus ber-kata: ”Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Surga. ” Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.

RENUNGAN:

Yesus mengajarkan kepada kita, bagaimana cara menghargai dan menerima anak-anak yang masih polos dengan tulus. Murid-murid Yesus dalam perikop ini menilai tindakan orang tua yang menyodorkan anak-anak mereka kepada Yesus sebagai tindakan yang akan mengganggu Yesus.

Pola pikir para murid menunjukkan adanya syak-wasangka, belum ada apa-apa sudah berfikir negatif dan cenderung bersikap AYS (Asal Yesus Senang); dengan menghalangi siapapun yang menurut pikiran murid ini akan mempersulit Yesus. Padahal mereka datang kepada Yesus hanya untuk memintakan berkat bagi anak-anaknya. Bahkan lebih dalam lagi Yesus mengatakan: sebab orang-orang seperti inilah yang mempunya Kerajaan Surga.

Sikap para murid inilah yang hendak di kikis oleh Yesus, agar mereka terbebas dari prasangka yang menjerumuskan mereka dalam dosa dan berani meneladan sikap hidup anak-anak yang masih polos dan murni.

Dalam hal ini Yesus juga mengajak kita untuk belajar dari seorang anak kecil yang masih murni hatinya. Mereka tidak memiliki pikiran negatif untuk orang lain karena ia percaya bahwa orangtua menjaga dan menuntunnya dengan benar. Demikian pula dengan Bapa di Surga. Ia ingin kita memiliki relasi dan ketergantungan pada-Nya seperti seorang anak pada orang tuanya.

DOA:
Tuhan Yesus ajarlah aku untuk bisa bersikap murni seperti anak kecil yang tidak pernah memiliki pikiran negatif terhadap siapapun dan jangan biarkan aku menghalangi siapapun yang ingin datang kepada-Mu. Amin.

 

978 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *