Bus Berbahan Bakar Kotoran Sapi Cetak Rekor Kecepatan Baru

bus-berbahan-bakar-kotoran-sapi-cetak-rekor-kecepatan-baru-Kzg0VSw7Op

Bus Hound dicat dengan warna hitam putih sehingga mirip dengan sapi.

Bus Berbahan Bakar Kotoran Sapi Cetak Rekor Kecepatan Baru

Okezone.com – Sebuah bus dari Kota Reading yang berbahan bakar kotoran sapi berhasil memecahkan rekor kecepatan terbaru untuk kendaraan jenis bus reguler. Kendaraan tersebut berlari dengan kecepatan 123,57 km/jam yang dilakukannya di lokasi uji Bedford Millbrook.

Bus yang dikenal dengan nama ‘Bus Hound’ adalah sebuah bus ramah lingkungan. Bus Hound dijalankan dengan tenaga dari gas biomethane, yang dihasilkan dari kotoran sapi. Hasil Uji kecepatan yang dilakukan oleh produsen bus ini diharapkan mendorong perusahaan lainnya untuk ikut mendukung dan mempromosikan teknologi ramah lingkungan kepada publik.

“Kami menantang para operator bus lainnya untuk mengalahkan rekor kami. Yang terpenting kami ingin menjauhkan citra bus sebagai kendaraan yang kotor, bau, dan lamban. Kami modern, cepat, dan menggunakan teknologi mutakhir,” kata Kepala Insinyur John Bickerton, kepada BBC, Sabtu (23/5/2015).

Bahan bakar bus ini dibuat dari kotoran binatang yang melalui sebuah proses yang disebut anaerobic digestion untuk menghasilkan biogas, yang kemudian dicairkan. Bahan bakar ini disimpan dalam tujuh tangki bahan bakar yang dimiliki bus tersebut.

Rekor yang dibuat Hound bus telah dikonfirmasi oleh Asosiasi pencatat waktu Inggris. Kecepatan normal sebuah bus biasanya terbatas pada 90km/jam.

599 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *