Terbongkar, Pabrik Nata De Coco Dioplos Pupuk ZA

1020184eka-444780x390

Polres Sleman membongkar produksi pangan dengan bahan tambahan pupuk ZA. Produk industri rumahan yang berada di Bangunan bekas SD N Semarang 3, Sidomulyo, Godean, Sleman tersebut menghasilkan olahan nata jeli (nata de coco) yang terbuat dari endapan air kelapa.

 

Terbongkar, Pabrik Nata De Coco Dioplos Pupuk ZA

SLEMAN, KOMPAS.com – Aparat Polres Sleman membongkar produksi olahan nata jeli (nata de coco) yang terbuat dari endapan air kelapa, dan dicampur dengan pupuk ZA. Aktivitas itu ditemukan di sebuah industri rumahan yang berada di bangunan bekas SDN Semarang 3, Sidomulyo, Godean, Sleman.

Kepala Polres Sleman AKBP Faried Zulkarnaen yang datang di lokasi tersebut menuturkan, sebelumnya polisi mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya kegiatan pabrik rumahan yang memproduksi nata de coco dengan bahan tambahan pupuk ZA.

Berbekal informasi tersebut, penyidik lantas melakukan penyelidikan. “Pupuk Za ini pupuk untuk tanaman, bukan dicampur dalam makanan untuk dikonsumsi,” tegas Faried, Selasa (31/3/2015) kemarin.

Selanjutnya, aparat kepolisian menutup pabrik tersebut, dan akan berkoordinasi dengan Badan POM DIY dalam pemeriksaan kandungan di dalam produk pangan tersebut.

Menurut Zullies Ekawati, Pakar Farmakologi UGM, ZA adalah ammonium sulfat yang dibutuhkan sebagai sumber nitrogen untuk nutrisi bagi bakteri acetobacter xylinium. Nah, bakteri tersebutlah yang lalu digunakan dalam proses fermentasi sari kepala menjadi nata de coco.

Sebenarnya, penggunaan ZA dalam pembuatan nata de coco tidak bermasalah, sepanjang jumlahnya tidak lebih dari satu persen. Artinya dalam 100 liter tidak boleh melebihi satu kilogram. Hal ini karena dalam proses pencucian setelah fermentasi selesai, bakteri akan hilang.

Namun, terkait kasus yang terjadi di Sleman, ZA yang dipakai bukan ZA yang khusus untuk makanan. Ammonium sulfat yang dipakai seharusnya menggunakan ZA yang nutrition grade, bukan ZA yang untuk pupuk. Walaupun secara subtansi senyawanya sama.

868 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *