28 Orang Meninggal Karena HIV/AIDS di Lamsel

Ilustrasi HIV AIDS

28 Orang Meninggal Karena HIV/AIDS di Lamsel

KALIANDA — Kasus orang terinfeksi HIV/AIDS di Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2015 meningkat mencapai 85 orang. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan tahun 2014 yang berjumlah 76 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Lamsel Jimmy Banggas Hutapea mengatakan dari 85 orang terinfeksi HIV/AIDS, sebanyak 28 orang telah meninggal dunia. HIV/AIDS bagaikan fenomena gunung es, artinya kemungkinan ada orang terinfeksi yang belum terdata.

Menurut Jimmy, peningkatan kasus HIV/AIDS di Lamsel dapat dipengaruhi oleh meluasnya penggunaan Napza suntik, hubungan seksual dengan orang yang beresiko tanpa pengaman, dan penularan dari ibu kepada bayi. “Oleh karena itu upaya pengendalian HIV/AIDS hingga ke tingkat pelosok desa melalui peran aktif semua pihak sangatlah penting sekali,” kata Jimmy ketika membacakan sambutan tertulis Bupati Lamsel Rycko Menoza dalam sosialisasi penanggulangan HIV/AIDS di Aula PKK Kalianda, Jumat (6/3/2015).

Sosialiasi dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan aparatur desa se-Kabupaten Lamsel. Ada tiga narasumber yang hadir yakni dokter RSUD Bob Bazzar, Kalianda, Reni Jayanegara; Ketua Komisi Penenggulangan AIDS (KPA) Lamsel Zakaria, dan Kabid Pengedalian penyakit Menular Dinkes Kristi Endarwati.

944 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *