5 Cara Mempertahankan Berat Badan Agar Tetap Langsing

lansingVemale.com – Berat badan ideal sudah tercapai, rasanya lega dan girang ya. Tetapi, jangan keburu senang berlebihan karena namanya juga berat badan, bisa naik lagi atau malah turun.

Apabila Anda sudah merasa puas dengan berat badan yang Anda dambakan, tugas Anda kali ini lebih berat. Bagaimana mempertahankan berat badan agar tetap langsing dan ideal? Nah, PR Anda yang satu ini akan kami bantu menjawabnya.

Seorang dokter bernama Dr Sukhvinder Singh Saggu, seorang konsultan gastro & obesitas serta ahli bedah di RS Fortis Ram Jessa, New Delhi, seperti dikutip dari IndiaTimes memberikan 5 langkah rahasia agar berat badan tetap stabil.

Latihan tak terduga

Lakukan latihan yang tidak terduga waktu dan gerakannya untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Latihan seperti ini tidak akan membuat tubuh kebal sehingga kalori bisa dibakar dengan sempurna.

Anda tidak harus pergi ke gym, karena Anda bisa saja melakukan pekerjaan rumah, menggunakan tangga, berjalan agak jauh ketika pergi bekerja, dan lain sebagainya.

Jangan mencoba menjadi terlalu sempurna

Apabila berat badan ideal sudah tercapai, maka fokuskan pada menjaga berat badan tersebut. Tidak perlu mengejar kesempurnaan karena Anda akan kehilangan fokus dan malah membuat berat badan kembali naik.

Yang penting adalah ideal kok, bukan sempurna.

Hindari minuman bersoda

Lebih baik hindari saja minuman bersoda dan sajikan menu minuman berbahan buah segar atau teh. Minuman berkarbonasi hanya akan meningkatkan gejala penyakit seperti diabetes, arthritis, kerusakan hati, penyakit jantung bahkan kanker.

Makan di waktu yang tepat

Cara mempertahankan berat badan paling efektif adalah dengan menjaga interval jam makan. Disarankan Anda makan dalam porsi kecil namun dibagi beberapa kali. Tetap hitung jumlah asupan kalori harian, sehingga yang Anda makan tidak berlebihan.

Makan malam, seharusnya tidak dilakukan menjelang tidur. Lebih baik 3-4 jam sebelum tidur, dan idealnya pukul 6 – 7 malam. Di atas jam 9 malam, lebih baik tidak mengonsumsi karbohidrat kompleks demi kesehatan Anda.

Latihan beban

Jangan lupa bahwa latihan beban akan membantu tubuh tetap kencang, bugar serta kuat. Latihan ini efektif untuk menjaga berat badan Anda tetap seimbang. Tidak harus dilakukan setiap hari karena Anda harus tetap memberikan waktu beristirahat untuk otot. Anda bisa melakukannya tiga kali dalam seminggu.

Tidak sulit menjaga dan menyeimbangkan berat badan ideal Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah disiplin dalam berbagai hal sehingga berat badan Anda tidak naik turun.

716 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *