KPI Gelar Seminar Literasi Media di Bandarlampung

Seminar Literasi Media dengan Tema Cerdas Bermedia, Menuju Penyiaran Berkualitas”. di Aula Universitas Malahayati Bandarlampung, Kamis, 28 November 2019.

Seminar Literasi Media dengan Tema Cerdas Bermedia, Menuju Penyiaran Berkualitas”. di Aula Universitas Malahayati Bandarlampung, Kamis, 28 November 2019.

SUARAWAJARFM.com, BANDARLAMPUNG — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pusat menggelar Seminar Literasi Media dengan Tema Cerdas Bermedia, Menuju Penyiaran Berkualitas”. Kegiatan berlangsung di Aula Universitas Malahayati Bandarlampung, Kamis, 28 November 2019.

Komisioner KPI pusat, Yuliandre Darwis mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah dan mengembangkan kemampuan sikap kritis masyarakat alam bermedia.

Menurutnya, kegitan ini sangat penting karena sebagaimana diketahui, media baik radio dan televisi memiliki peran strategis untuk mencerdaskan masyarakat.

“Program media ini sangat penting. Apa artinya rambu-rambu yang sangat besar, rambu-rambu yang lerang ini dan itu, tentu saja di antara media-media itu ada yang nakal, tentu dengan ide-ide kreatifnya untuk membuat sesuatu yang kurang berkenan, yang berdampak negatif pada masyarakat tanpa harus melanggar aturan!”

“Ini fungsinya literasi media, dengan mencerdaskan para penonton dan pendegar, harapannya itu,” tegas Yuliandre dalam sambutannya.

Darwis pada kesempatan ini menyinggung pentingnya Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) yang memuat acuan bagi KPI dalam menjalankan pengawasan terhadap setiap program penyiaran selama 24 jam setiap harinya.

“Dalam pengawasannya, KPI melakukan verifikasi tayang dan monitoring program stasiun televisi dan radio berjejaring selama 24 jam, jadi kalau ada yang melanggar sesuai aturan P3SPS maka KPI berhak memberikan teguran,” ungkap Darwis.

Sebagaimana diketahui acara diikuti oleh insan media baik radio maupun televisi dan ratusan mahasiswa. Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung Ahmad Khrisna Putra  dan seluruh Komisioner KPID Lampung hadir pada kegiatan ini.***

Editor : Robert

36 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *