Puskopdit Caraka Utama Lampung Akan Peringati Hari Koperasi Kredit Se-Dunia

Yohanes De Deo Widyastoko (Pengajar dan Pegiat Koperasi asal Lampung)

Yohanes De Deo Widyastoko 

SUARAWAJARFM.com, BANDARLAMPUNG — Peringatan Hari Koperasi Kredit Se-Dunia atau International Credit Union (ICU) Day akan dirayakan di Lampung. Peringatan ini dirayakan setiap Kamis minggu ketiga bulan Oktober yang pada tahun ini jatuh pada 17 Oktober dengan tema “Local Service Global Reach”. Acara akan dipusatkan pada 19 Oktober 2019, di Pantai Sari Ringgung, Pesawaran, Lampung.

Puskopdit Caraka Utama Lampung menjadi koordinator kegiatan perayaan Hari Koperasi Kredit Se-Dunia.

“Hari ini (Hari Koperasi Kredit International) diakui untuk merefleksikan sejarah gerakan serikat kredit, mempromosikan pencapaiannya, mengakui kerja keras dan berbagi pengalaman anggota. Peringatan ini telah dirayakan setiap Kamis, minggu ketiga Oktober sejak 1948,” kata Wakil Ketua Puskopdit Caraka Utama Lampung, Yohanes De Deo Widyastoko. Hal itu diutarakannya saat berbincang dengan Altumnews.com, Selasa, 15 Oktober 2019.

Menurut Deo – panggilan Yohanes De Deo Widyastoko – tujuan utama peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang pekerjaan besar yang dilakukan koperasi kredit di seluruh dunia dan memberikan anggota kesempatan untuk lebih terlibat.

Dijelaskannya, peringatan Hari Koperasi Kredit International ini akan dihadiri oleh seluruh primer anggota Puskopdit Caraka Utama yang akan menyertakan sekitar 600 orang.

“Pada ada kesempatan ini, Caraka Utama Lampung hanya akan fokus pada family gathering dari para pengurus,pengawas, manajemen, dan juga anggota yang bisa hadir pada perayaan ini,” bebernya lagi.

Bersih Pantai dan Launching Gerakan Membawa Botol Minuman

Yohanes De Deo Widyastoko sebagai Wakil Ketua Puskopdit Caraka Utama Lampung menjelaskan bahwa bersih pantai dan launching gerakan membawa botol minuman akan mewarnai Peringatan Hari Koperasi Kredit International.

“Pada kesempatan ini pula kami memberi pendidikan tentang go green maka kami menyarankan kepada para anggota untuk membawa botol minuman dan tidak menggunakan minuman gelas botol minuman itu akan diisi ulang oleh teman-teman sendiri yang membawa persiapan refill dari rumah masing-masing,” jelasnya.

Dikatakan Deo, pelepasan burung merpati juga dilakukan sebagai kampanye cinta lingkungan. “Kami juga akan melakukan pelepasan burung dara karena ini menggantikan dengan pelepasan balon yang kami pikir juga akan membuat sampah,” tandasnya.

Koperasi Kredit Sebagai Pemersatu

Pada kesempatan ini Deo mengutarakan akan pentngkanya peringatan hari koperasi kredit ini. “Bahwa koperasi menjadi jalan pemersatu.  Karena koperasi memang kita tekankan tidak beragama, tidak berjenis kelamin dan tidak untuk kelompok-kelompok tertentu. Koperasi untuk semua,” katanya.

Deo juga mengharap melalui kegiatan ini sebagai “cerminan” bahwa masih ada koperasi baik, khususnya di Lampung. “Peringatan ini juga mengingatkan kita semua bahwa masih ada koperasi yang baik karena kalau melihat situasi yang sekarang ini ini banyak sekali orang sudah apriori dengan koperasi.”

“Sehingga kita juga harus mengingatkan kembali bahwa masa depan mereka sebetulnya bisa digantungkan di koperasi-koperasi yang dikelola dengan baik yang memiliki good cooperative governance atau tata kelola koperasi yang baik,” tutupnya.***

Editor : Robert

 

101 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *