Menolong

Ilustrasi menolong. (Foto : intisari.grid.id)

Ilustrasi menolong. (Foto : intisari.grid.id)

Amsal 25: 21 | Senin, 20 Mei 2019

Jikalau seterumu lapar, berilah dia makan roti, dan jikaulah ia dahaga, berilah dia minum air.

Renungan Harian

Sersan Kirkland adalah seorang anggota pasukan Konfederasi pada Perang Saudara Amerika Serikat (1861-1865). Setelah mengumpulkan ransum, Kirdland  melompat tembok yang memisahkan dengan tentara musuh dan menolong seorang prajurit yang memerlukan bantuannya. Dengan mempertaruhkan nyawa, Kirkland yang disebut “Malaikat dari Dataran Tinggi Marye” itu menjadi saluran belas kasihan Kristus bagi musuhnya.

Kita mengetahui adanya orang-orang yang menderita di sekitar kita. Mereka bergumul melawan rasa sepi, kehilangan, penyakit dan dosa. Tangisan mereka, yang ditenggelamkan oleh banyaknya hal yang mengalihkan perhatian kita, memohon rahmat dan penghiburan, juga harapan dan pertolongan.

“Kasihilah musuhmu” (Mat 5: 44). Paulus menjabarkan tema itu ketika ia mengutip Amsal 25: 21, “JIka seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah ia minum” (Rm 12: 20). “Jangan kamu kalah terhadap kejahatan,” kata Paulus, “tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan.”

Tantangan Paulus mendorong kita untuk meniru Kirkland. Hari ini, marilah “melompati tembok” kenyaman kita untuk memberikan penghiburan dari Allah bagi mereka yang membutuhkannya. Amin.***

Sumber : lumen2000.org

Editor    : Robert

170 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *