Pertamina Jajaki Potensi Ekonomi Perdesaan di Lamteng

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf bersama para anggota Asosiasi Kelompok Wanita Tani "Mulia" di halam kantor kecamatan Punggur, Lampung Tengah, Kamis, 21 Maret 2019. Foto : Robert

Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf bersama para anggota Asosiasi Kelompok Wanita Tani “Mulia” di halam kantor kecamatan Punggur, Lampung Tengah, Kamis, 21 Maret 2019. Foto : Robert

LAMPUNG TENGAH, SUARAWAJARFM.com – Memaksimalkan potensi daerah menjadi salah satu kunci meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pertamina juga terus mencari potensi-potensi daerah, melalui Program Kemitraan (PK) Pertamina mencoba untuk menggandeng masyarakat agar usahanya makin produktif dan dapat bersaing di pasar nasional bahkan internasional.

Setelah hadir dan menggandeng petambak udang di Bratasena, Lampung, kini Pertamina kembali menengok potensi peternakan di daerah Punggur, Lampung Tengah. Kali ini, Pertamina Region Sumatera Bagian Selatan berkesempatan untuk mensosialisasikan PK kepada setidaknya 150 orang anggota Asosiasi Kelompok Wanita Tani “Mulia” yang menjalankan usaha tani dan ternak sapi dan kambing.

“Selain sosialisasi, kami juga akan memfasilitasi pelatihan tentang bidang usaha yang akan dijalankan, dalam hal ini pertanian dan peternakan. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk sekaligus menguatkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta penguatan lembaganya,” kata Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf, Kamis, 21 Maret 2019.

Potensi Lampung Tengah menjadi lumbung ternak adalah salah satu alasan mengapa Pertamina ingin hadir. Selain itu, pemilihan mitra strategis yakni Asosiasi Kelompok Wanita Tani “Mulia” juga sudah dipertimbangkan. “Potensi yang baik kami padukan dengan mitra yang baik, agar hasilnya maksimal dan akhirnya dapat mendongkrak kesejahteraan dan ekonomi masyarakatnya,” tambah Rifky.

Sementara itu, Suparti mewakili Asosiasi Kelompok Wanita Tani “Mulia” menunjukkan semangat kelompoknya terhadap program kemitraan ini. “Meski masih dalam tahap sosialisasi dan pelatihan awal antusias. Jika memang lancar, PK dapat meningkatkan kinerja kami dan tentunya hasilnya juga makin lebih baik. Kami juga mengapresiasi Pertamina karena menggandeng kami wanita untuk menggerakkan perekonomian,” imbuh Suparti.

Mewakili Camat Punggur, Kepala Sie. Kesejahteraan Rakyat, Mariyati juga turut menyampaikan dukungannya. “Program seperti ini sangat bermanfaat dan menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan daya saing dan juga kontribusi Punggur sebagai penyumbang lumbung ternak di Lampung Tengah. Saya rasa dengan banyaknya manfaat bagi masyarakat, kami sangat terbuka untuk bermitra kalau bisa kerjasamanya jangka panjang,” katanya.

Program Kemitraan sendiri menawarkan pinjaman dengan bunga 3% pertahun saldo menurun dan pinjaman hingga 200 Juta Rupiah. Selain itu, pembinaan dan pembekalan juga akan bersama-sama dilakukan bersama Pertamina dan mitra. Setelah cukup baik, melalui Program Kemitraan mitra Pertamina juga akan diajak pameran sebagai media promosi usaha.***

Editor : Robert

162 Total Views 3 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *