KAI Divre IV Tanjungkarang Siapkan 304 Petugas di Daerah Rawan Sambut Natal dan Tahun Baru

Kepala PT KAI Divisi Regional (Ka Divre) IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin. Foto : Robert/Radio Suara Wajar

Kepala PT KAI Divisi Regional (Ka Divre) IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin bersama Manager Humas Sapto Hartoyo. Foto : Robert/Radio Suara Wajar

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Sambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019, KAI Divre IV Tanjungkarang telah menyiapkan sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung kelancaran.

Tahun ini, masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Selama masa angkutan tersebut, seluruh pegawai KAI Divre IV dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

Kepala PT KAI Divisi Regional (Ka Divre) IV Tanjungkarang Sulthon Hasanudin mengatakan dari aspek sarana, selama masa nataru tahun ini disiagakan 1 unit lokomotif, 3 unit lokomotif cadangan dan 8 seat KRDI.

Sedangkan untuk kereta siap sebanyak 37 unit kereta SO dengan rincian 36 unit kereta SF dan 11 unit kereta cadangan dengan  10 perjalanan KA reguler sehingga volume penumpang selama 18 hari masa angkutan Nataru diprediksi sebesar 72.658 penumpang.

“Ini meningkat sebesar 54% atau 25.475 penumpang dibanding masa angkutan Nataru tahun 2017/2018 sebanyak  47.183 penumpang. Kenaikan ini disebabkan nataru tahun ini dijalankannya KA Kuala Stabas,” tutur Sulthon.

Sedangkan untuk menghadapi musim penghujan pada masa Nataru ini menurut Sulthon, Divre IV menyiagakan petugas posko sebanyak 432 personil.

“Rincian petugas flaying gank sebanyak 225 personil di lintas Tarahan-Tanjung Rambang yang terbagi dalam 25 group dengan masing-masing 9 personil untuk memantau apabila terjadi rintang jalan atau peristiwa luar biasa (PLH) yang menghambat perjalanan KA,” jelasnya.

Dipaparkan Sulthon, untuk mengamankan jalur KA disiapkan Petugas Penilik Jalan (PPJ) sebanyak 97 personil ditambah 30 personil ekstra, sedangkan di perlintasan sebidang resmi disiapkan Penjaga Jalan Lintas (PJL) sebanyak 52 personil ditambah 28 PJL ekstra. “Meskipun jumlah PJL ditingkatkan, PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang,” kata dia.

Menurut Kepala PT KAI Divisi Regional IV Tanjungkarang ini, untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jasa KA, selama angkutan Nataru 2018/19, Divre IV menyiapkan 304 personel keamanan yang terdiri dari 38 personel Polsuska, 216 personel security, dan bantuan eksternal dari TNI/Polri sebanyak  50 personel.

“Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta,” tutup Sulthon.

Imbauan KAI Divre IV Tanjungkarang untuk masyarakat yang akan menggunakan kereta api :

  1. Calon penumpang tidak datang terlalu awal dari jadwal keberangkatan, lebih baik datang 2-3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari kepadatan dan penumpukan penumpang di stasiun.
  2. Penumpang tidak membawa barang yang melebihi kapasitas 20 kg atau barang yang memakan tempat terlalu banyak karena akan mengganggu penumpang lainnya.
  3. Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tidak harus datang di stasiun tetapi dapat melakukan pembelian di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api, antara lain pada KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121/(021) 121, maupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI seperti gerai minimarket, Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, agen resmi lainnya.
  4. Penumpang diwajibkan mencetak tiket sebelum memasuki stasiun, cetak tiket diperuntukkan bagi calon penumpang yang membeli tiket melalui channel eksternal.
  5. Selama dalam pearjalanan penumpang dihimbau tidak memakai perhiasan yang berlebihan karena bisa memancing pelaku kejahatan,salah satu tindak kejahatan yang kerap menimpa pemudik adalah bius maupun gendam.***

Editor : Robert

159 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *