PLN Tanam 22.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018

PLN Tanam 22.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018.

PLN Tanam 22.000 Pohon di Hari Menanam Pohon Indonesia 2018.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22.000 pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11). Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.

HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon. HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

“PLN telah berkomitmen menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. Dan Gerakan Penanaman Pohon ini lah yang menjadi bentuk kepedulian kita bersama terhadap kelestarian lingkungan,” ungkap Senior Manager Niaga & PP, Agung Surana saat memberikan sambutan kegiatan Penanaman Pohon di Tahura, Kemiling, Rabu (28/11).

Pada Program penghijauan di tahun 2018 ini, masing-masing PLN Unit Induk ditargetkan menanam pohon sebanyak 1.000 pohon. Untuk di Provinsi Lampung, PLN Unit Induk Distribusi Lampung menanam 1.200 pohon dengan 6  jenis tanaman yang diprioritaskan, yakni tanaman produktif yang dapat melestarikan alam, melestarikan tanaman khas lokal dan dapat mengurangi pencemaran.

Lokasi penanaman di Provinsi Lampung dilakukan di Taman Hutan Raya, Kemiling dengan total pohon yang ditanam 1200 Pohon yang terdiri dari Pohon Trembesi 350 batang, Pinus 350 batang, Ketapang Kencana 350 batang, Cemara 60 batang, Glodokan 60 batang, dan Durian 60 batang. Lokasi tersebut adalah lokasi konservasi yang dikelola langsung oleh Dinas Kehutanan Provinsi Lampung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Senior Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung, Kepala Das dan Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung , Kepala Bidang III Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Ketua Forum CSR Lampung, Perwakilan Korem Gatam 043, dan masyarakat setempat. Dengan adanya keterlibatan pemerintah dan masyarakat setempat, diharapkan peran dan fungsi program penghijauan 2018 dapat terus dijalankan sesuai harapan.

“Kami saat ini fokus untuk memperbaiki DAS yang kondisinya memprihatinkan, sehingga untuk memulihkan fungsi hutan itu harus dilakukan tutupan lahan, diantaranya melalui penanaman pohon. Terima Kasih kami ucapkan kepada PLN atas kepeduliannya terhadap lingkungan,” ungkap Ir. Syaiful Bachri, MM selaku Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung dalam sambutannya.

Total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon sebesar Rp 3,19 Milyar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018. Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34.000 pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp 4,64 Milyar.***

Reporter : Robert

182 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *