Mgr. Yuwono Umumkan Vikjen dan Sekretaris Keuskupan Tanjungkarang

INDONESIA_-_Uskup-Tanjungkarang-4

Uskup Kesukupan Tanjungkarang Mgr. Yohanes Harun Yuwono.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Uskup Kesukupan Tanjungkarang Mgr. Yohanes Harun Yuwono umumkan Vikaris Jenderal (Vikjen) pengganti RD. Yohanes Baptista Sujanto. Pembacaan surat keputusan dan pelantikan berlangsung pada Misa perayaan Hari Raya Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam, di Gereja Katedral Kristus Raja, Minggu, 25 November 2018.

Tidak hanya itu, Vikjen Keuskupan Tanjungkarang yang diganti melainkan juga Sekretaris Keuskupan Tanjungkarang. Pembacaan dan pelantikan disampaikan Mgr. Yuwono pada sela-sela homili.

“Pelantikan kita mulai, setelah ini saya persilahkan Romo Yohanes Samiran untuk berdiri didepan altar, beliau sebagai Vikjen yang baru Keuskupan Tanjungkarang. Romo Kornelius Anjarsi silahkan juga berdiri di depan altar, beliau sebagai Sekertaris Keuskupan Tanjungkarang yang baru,” kata Mgr. Yuwono.

“Dengan demikian maka Surat Keputusan (SK) 118/SK/9/2018 tentang Vikjen sekaligus juga mencabut SK lama tentang Vikjen yang lama, 190/SK/11/2018 juga mencabut SK Sekertaris yang lama dan mengangkat sekertaris yang baru,” tegas orang Katolik nomor satu di Lampung ini.

Menurut Mgr.Yuwono alasan dirinya menganti RD Yohanes Baptista Sujanto untuk mengurangi tugas-tugasnya yang lumayan berat.

“Romo Yohanes Baptista Sujanto masih menjadi romo paroki di Kuria Keuskupan, juga sebagai Pastor Paroki Exovicious sebagai penasehat Uskup juga, sebagai anggota dewan pastoral juga, sebagai anggota dewan imam juga, karna itu kalau harus merangkap lagi sebagai Vikjen saya tidak sampai hati karna itu saya menguranginya pada hari ini,” jelasnya.

Mgr. Yuwono pada kesempatan itu juga mengumumkan dan melantik Sekretaris Keuskupan Tanjungkarang RD. Kornelius Anjarsi menggantikan RP. Thomas Eddy Susanto, SCJ.

“Pada hari ini juga saya mengangkat sekertaris baru yang menggantikan sekertaris lama. Sekertaris lama akan mengangpu tugas sebagai Pastor Paroki Tulang Bawang, Sementara Pastor Paroki Tulang Bawang akan menjadi Vikjen Keuskupan Tanjungkarang,” kata Mgr. Yuwono.

Mgr. Yuwono tak lupa menyampaikan terimakasih pada RD. Yohanes Baptista Sujanto dan RP. Thomas Eddy Susanto, SCJ, yang telah membantunya selama ini.

“Dengan rasa terimakasih berlimpah kepada Romo Sujanto yang mengakhiri tugasnya sebagai Vikjen pada hari ini, juga Romo Eddy sebagai Sekertaris Keuskupan, kita tetap bersama,” tandasnya.

Harapan Mgr. Yohanes Harun Yuwono pada Vikjen dan Sekretris Keuskupan Tanjungkarang

Mgr. Yohanes Harun Yuwono memiliki harapan besar pada Vikjen Keuskupan Tanjungkarang RP. Yohanes Samiran, SCJ dan Sekretaris Keuskupan Tanjungkarang RD. Kornelius Anjarsi.

“Sebagai Vikaris Jendral dan Sekertaris Keuskupan yang sekaligus menjadi anggota kuria keuskupan, dewan imam dan dewan pastoral keuskupan serta dewan penasehat uskup, para pastur harus menonjol dalam iman,dapat diteladani, kreatif,  menemukan bentuk-bentuk pelayanan pastoral yang menjawab kebutuhan umat sehingga dapat membantu tugas kenggembalaan Uskup di Keuskupan TanjungkKarang ini,” kata Mgr. Yuwono.

Mgr. Yuwono meminta mereka berdua untuk mendegarkan, menyampaikan masukan-masukan dan nasehat umat beriman serta perhatikanlah dengan seksama masalah-masalah dan keprihatinan umat.

“Harapannya agar tugas kegembalaan Uskup di Keuskupan Tanjungkarang ini, sungguh-sungguh mengarahkan umat beriman kepada Kristus Sang Gembala Utama sesuai arah dasar pastoral keuskupan kita satukanlah hati dengan keprihatinan, penderitaan dan harapan umat beriman agar mereka sungguh dapat merasakan kehadiran Kristus Sang Gembala Agung,” tegasnya.

“Akhirnya wujudkanlah kebijakan pastoral keuskupan tanjung karang dalam pelayanan saudara-saudara dalam kesatuan dan dibawah pendampingan Uskup Deosesan,” pungkas uskup.***

Penulis : Laurenciuscahya Aditama

Editor   : Robert

116 Total Views 2 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *