Ketua Kwarda Lepas Pramuka Ikuti Kemnas IV Pramuka Sekolah Islam Terpadu

Ketua Kwarda Lepas Pramuka Ikuti Kemnas IV Pramuka Sekolah Islam Terpadu.

Ketua Kwarda Lepas Pramuka Ikuti Kemnas IV Pramuka Sekolah Islam Terpadu.

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com – Ketua Kwarda Lampung kak Idrus Effendi kamis sore (15/11) melepas Pramuka Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) untuk mengikuti Kemah Ukhuwah Nasional IV 2018 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta pada 16-19 November 2018.

Pimpinan Kontingen, Kak Imam Budiono dalam laporannya menyampaikan bahwa kontingen Pramuka SIT Lampung berjumlah 540 orang yang terdiri dari 450 peserta dan 90 Pembina Pendamping. “Kontingen Lampung adalah Pramuka Penggalang dari 13 pangkalan SD dan 8 pangkalan SMP dilingkungan Jaringan SIT Lampung,” jelas kak Imam.

Peserta berasal dari 7 Kabupaten/Kota yaitu Bandar Lampung  sebanyak 240 orang, Lampung Tengah 72 orang, Lampung Timur  60 orang, Kota Metro  36 orang, Pringsewu 12 orang, Lampung Utara 72 orang, dan dari Tulang Bawang sebanyak 48 orang. “Keseluruhan berjumlah 540 orang.”

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama Kemnas IV 2018 yang mengusung tema ”Kokohkan Jati diri Pramuka SIT Untuk Siap Memimpin  Indonesia”  ini diantaranya Giat Ekspo, Teknologi dan Literasi, Seni dan Budaya, Imperium Kesultanan, Meet & Greet Sineas Film, dan Konser Akbar Pramuka SIT. “Kemnas ini tidak berbentuk perlombaan melainkan lebih ke mempererat ukhuwah sesama Pramuka SIT,” imbuhnya.

Dalam amanatnya, Kak Idrus mengatakan bahwa Gerakan Pramuka masih dipercaya membina watak generasi Indonesia yang berkarakter pemimpin dimasa depan. Untuk itu Pramuka harus terus dikembangkan, salah satunya menjadikan Pramuka sebagai Ekstra Kurikuler Utama di sekolah. Sekolah Islam Terpadu diharapkan dapat bekerjasama dengan Kwarda Lampung dalam melakukan pembinaan Pramuka.

Kak Idrus juga berpesan sebagai Duta Lampung, bawa dan jaga nama baik Lampung dikancah Nasional. “Lampung punya tradisi juara. Tunjukan kemampuan terbaik, insyaAllah memperoleh hasil dengan terbaik,” imbuhnya.

Disela sela sambutannya, Kak Idrus mengajak hadirin utk mengobarkan semangat dengan melakukan yel yel “Pramuka – OK, Lampung – Maju dan Sejahtera, Pramuka SIT – Jaya.”

Turut hadir melepas kontingen yakni jajaran pengurus Kwarda, pengurus JSIT Lampung, Pimpinan Sako Pramuka SIT, orang tua siswa, tamu undangan lainnya.***

Reporter : Robert

34 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *