Forum Tahunan Ahli Kesehatan Ke IV Berakhir Sukses, IAKMI Pusat Apresiasi Lampung

Forum Ilmiah Tahunan  (FIT) Ke IV Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Forum Ilmiah Tahunan (FIT) Ke IV Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Forum Ilmiah Tahunan  (FIT) Ke IV Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), secara resmi berakhir Kamis (18/10/2018) siang di Ballroom Novotel.

Acara ini berhasil menjabarkan lebih dari 130 penelitian kesehatan dan mendapat respon positif dari para insan pemerhati kesehatan baik nasional maupun internasional.

Ketua IAKMI Pusat Ridwan Mochtar Thaha mengapresiasi AIKMI Pengda Lampung.

“Terima kasih kepada Pengda IAKMI Lampung yang telah bekerja dengan baik selaku tuan rumah pertemuan ini,” ujar Ridwan Mochtar Thaha.

Dalam forum ini, sejumlah pembicara nasional dan internasional hadir dalam International Session yang bertema “The Challenge and Opportunity of Global Health”.

Mereka di antaranya Sarah Taki, PhD dari University of Sidney, Australia yang menyampaikan materi seputar penanggulangan obestitas untuk  Negara yang berpenghasilan rendah dan menengah. Kemudian Dr. dg. Irene Adyatmaka (Global Oral Health Task Force of Harvard University) yang membicarakan pentingnya pencegahan caries pada gigi khususnya pada anak.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung yang juga selaku Ketua AIKMI Pengda Lampung, Reihana mengungkapkan apresiasinya atas dukungan semua pihak sehingga acara ini dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan rencana.

Reihana mengatakan pihaknya mendapatkan respon yang cukup baik dari para insan pemerhati kesehatan  masyarakat,  “Ada 130 penelitian dipresentasikan dalam 12 tract FIT IV dalam bentuk oral maupun poster presentation serta pameran info kesehatan masyarakat dari berbagai institusi,” ujarnya.

Reihana berharap insiatif untuk kajian-kajian komprehensif melalui ratusan makalah dan poster di FIT IV dapat memperkuat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat agar menjadi utuh, berhasil dan efektif.

Pada forum tersebut, dilakukan pula penandatangan kerjasama antara Jurnal Kesehatan Masyarakat Media Kesehatan Masyarakat Indonesia (MKMI) dengan IAKMI.

Selanjutnya, pada tahun 2019 FIT IAKMI ke V dan rangkaian Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) AIKMI dan Rapat Kerja Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTMKI) dijadwalkan akan diselenggarakan di Pulau Dewata Bali.***

Reporter : Robert

39 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *