Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Pamerkan Produk Pangan Unggulan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Ir. Kusnardi bersama Sekretaris, Bani Ispiranto dan Kabid Keamanan Pangan, Oktovia Hafid saat meninjau stand pembangunan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu, 17 Oktober 2018.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Ir. Kusnardi bersama Sekretaris, Bani Ispiranto dan Kabid Keamanan Pangan, Oktovia Hafid saat meninjau stand pembangunan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Rabu, 17 Oktober 2018.

KALIMANTAN SELATAN, SUARAWAJARFM.com — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung mengikuti pameran pembangunan di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Pameran pembangunan ini merupakan salah satu kegiatan puncak peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) XXXVIII pada 18-21 Oktober 2018.

Seperti puncak peringatan tahun-tanun sebelumnya, pameran pembangunan diikuti ratusan stand mulai dari kementerian atau lembaga, BUMN, pemerintah daerah dan SKPD.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Ir. Kusnardi mengatakan di stand pameran pembangunan menampilkan berbagai produk olahan pangan unggulan.

“Selain kopi, keripik yang kami pamerkan, tahun ini kami menampilkan buah nanas segar yang sudah diekspor ke berbagai negara seperti Amerika Serikat, China, Jepang dan negara-negara Timur Tengah,” kata Kusnardi saat meninjau persiapan stand pembangunan dinasnya, Rabu sore, 17 Oktober 2018.

Menurut Kusnardi, produk makanan berupa buah nanas segar asal Lampung memiliki rasa yang khas, tidak ada bandingannya.

“Nanas itu, rasanya khas Lampung, tidak ada dijumpai dimana-mana dan ini sudah kita ekspor ke Amerika Serikat dan memenuhi standar mutu yang diminta oleh negara tersebut,” katanya.

Dikatakan Kusnardi pada stand Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung dipajang pula aneka tiwul dalam cemilan dengan berbagai varian rasa.

“Disini kami pamerkan juga jipang tiwul, cemilan tiwul kering dengan berbagai varian rasa. Produksi pangan kreatif ini berasal dari Lampung, tepatnya Kabupaten Lampung Tengah,” jelasnya.

Sekretaris DKP, Bani Inspiranto menyebut buah nanas segar telah mendapatkan sertifikasi dari UPT Setifikasi Produk Pangan Segar Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung.

“Dengan teregistrasinya produk nanas segar rumah kemas ini oleh Dinas Ketahanan Pangan, menandakan keamanan dan mutu produknya dapat terjamin,” katanya.

Asal tahu saja, puncak peringatan HPS kali ini akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Jokowi akan melakukan panen raya di Desa Sungairasau, Kecamatan Cerbon, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

DKP Provinsi Lampung Kampanyekan Mutu Dan Keamanan Pangan

DKP Provinsi Lampung pada kesempatan ini juga mengkampanyekan mutu dan keamanan pangan para pada pengunjung stan.

“Pada stan DKP ini selain produk unggulan di Provinsi Lampung, kami juga mengkampanyekan terkait mutu dan keamangan pagan pada para pengunjung yang datang,” kata Kabid Keamanan Pangan, Oktovia Hafid.

Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Oktovia Hafid.

Kabid Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Oktovia Hafid.

Oktovia mengatakan ke depan, masyarakat tidak lagi hanya mempertimbangkan soal kenyang dan tidaknya perut, tetapi juga mempersoalkan mutu dan keamanan pangan.

“Nah terkait seruan tersebut, kami akan memberi pemahaman pada pengunjung yang hadir untuk mengkampanyekan bahwa persoalkan mutu dan keamanan pangan begitu penting,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

41 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *