Peringati Hari Pangan Sedunia, Aprilani Yustin Ficardo Buka Lomba Cipta Menu

Ketua Penggerak PPK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama panitia lomba Cipta Menu 2018. (Foto: Robert)

Ketua Penggerak PPK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama panitia lomba Cipta Menu 2018. (Foto: Robert)

BANDAR LAMPUNG, SUARAWAJARFM.com — Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia ke-38 Ketua Penggerak PPK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo, membuka lomba Cipta Menu 2018.

Acara yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung bersama TP PKK Provinsi Lampung ini diselenggarakan di halaman Gedung Sumpah Pemuda PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Minggu, 14 Oktober 2018.

Yustin mengatakan, Pemprov Lampung setiap tahun selalu memperingati hari pangan sedunia sebagai momen untuk mewujudkan kedaulatan pangan.

Untuk itu, lanjutnya, setiap memperingati hari pangan sedunia, Pemprov Lampung selalu mengadakan lomba cipta menu.

“Harapannya, dengan diselenggarakannya lomba tersebut akan memunculkan kreativitas dari ibu-ibu PKK dalam menciptakan menu atau asupan baru guna menunjang gizi keluarga,” katanya.

Melalui lomba cipta menu kali ini, Aprilani Yustin Ficardo menghimbau masyarakat untuk dapat berperan dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga yang beragam, bergizi, seimbang, aman dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Masalah gizi seperti stunting menjadi fokus perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi Lampung. Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi, sehingga anak tidak tumbuh dengan semestinya sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, konsumsi Pangan yang beragam, berkualitas, serta memenuhi keseimbangan gizi sangat diperlukan dalam pola konsumsi pangan sehari-hari,” pungkas Yustin.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung Ir.Kusnardi mengatakan inovasi pangan mutlak diperlukan untuk mendapatkan pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA.

“Bahwa untuk pangan yang bermutu, beragam, bergizi, seimbang dan aman itu tidak perlu jauh-jauh dan susah-susah, dengan sedikit berinovasi kita bisa menciptakan pangan yang memang berasal dari lingkungan kita terdekat,” kata Kusnardi kepada Radio Suara Wajar Bandar Lampung.

Lomba Cipta Menu ini menurut menurut Kusnardi sebagai ajang pembuktian bahwa di Provinsi Lampung terdapat banyak inovasi pangan yang memenuhi kriteria B2SA dengan bahan lokal.

“Kita ingin membuktikan bahwa Provinsi Lampung ini dengan berbagai keragamannya ternyata banyak hal yang bisa kita peroleh, dalam pangan saja banyak sekali tadi menu yang diciptakan oleh ibu-ibu PKK, ini sangat luar bisa menurut saya,” kata Kusnardi.

Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Ida Rahmawati membeberkan kabupaten/kota yang juara pada lomba ini.

“Untuk juara pertama dari Kabupaten Lampung Tengah, juara kedua dari Pringsewu, juara ketiga dari Lampung Selatan. Kemuadian juara harapan satu dari Metro, dua Lampung Timur dan tiga Tulang Bawang Barat,” jelas Ida.

Menurut Ida, lomba cipta menu ini sangat penting diadakan dari tahun ke tahun sebagai upaya pemahaman masyarakat untuk menerapkan konsumsi B2SA.

“Melalui lomba ini diharapkan masyarakat  khususnya peserta lomba dapat berkreasi menciptakan resep yang beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari,” pungkasnya.***

Reporter : Robert

37 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *