EKM Paroki Margo Agung : Kita Muda, Kita Omk, Kita Cinta Budaya

Para peserta EKM di Gereja Santo Andreas Margo Agung, 29-30 September 2018.

Para peserta EKM di Gereja Santo Andreas Margo Agung, 29-30 September 2018.

MARGO AGUNG, SUARAWAJARFM.com – Budaya adalah kekayaan kita yang harus dipelihara dan dijaga serta dijadikan milik.

Keuskupan Tanjungkarang mencoba membangun kesadaran bahwa budaya itu menunjukkan identitas diri.

“Hal ini yang direfleksikan orang muda pada EKM Paroki Margo Agung  bertema kita muda, kita OMK, kita cinta budaya,” kata Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Tanjungkarang, RP Yustinus Eko Yuniarto, SCY kepada Radio Suara Wajar, Senin, 01 Oktober 2018.

Menurut Romo Eko, berkaitan dengan iman dan menggereja, pada diri orang muda harus bertumbuh kesadaran akan iman dan hidup beriman sebagai cara berelasi dengan Allahnya.

“Kita Gereja “orang muda” mengusahakan diri supaya menjadi pribadi yang bermanfaat, bukan memanfaatkan apalagi dimanfaatkan. Maka pribadi berkarakter imani. Itulah tujuannya,” katanya.

Pada Ekaristi Kaum Muda (EKM) di Margo Agung pada 29-30 September 2018, Romo Eko meresmikan Paguyuban OMK Wilayah Lampung bagian selatan. Paguyuban itu dinamai “OMK Sibakjamano” yang terdiri dari OMK Paroki Sidomulyo, Bakauheni, Jatibaru, Margo Agung dan Sribawono.

“Paguyuban itu untuk semakin meningkatkan kerjasama wilayah paroki-paroki terdekat sebingga punya dinamika karena saling berbagi. Berkegiatan bersama sebagai wujud gereja yang terbuka, gereja yang mengutamakan komunio,” jelas Romo Eko.

Dibeberkan Romo Eko, Komisi Kepemudaan Keuskupan Tanjungkarang dalam waktu dekat juga akan meresemikan Paguyuban OMK Bandar Lampung.

“Hanya tinggal wilayah Bandar Lampung saja yang paguyubannya belum terbentuk,” beber Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Tanjungkarang ini.

Dikatakan Romo Eko, Komisi Kepemudaan Keuskupan Tanjungkarang bebera waktu lalu juga telah meresmikan paguyuban OMK hampir di seluruh wilayah di Lampung.

“Kami diantaranya sudah meresmikan Paguyuban Sukaprigiskali (Sukoharjo, Pringsewu, Gisting, Kalirejo), Baliko (Baradatu, Liwa, Kotabumi), dan Paguyuban Wilayah Lintas Timur (Mesuji, Tulangbawang, Bandarsakti, Murnijaya),” tutup Romo Eko.***

Reporter : Robert

92 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *