Enggak Nyangka, 5 Penyakit Ini Bisa Disembuhkan oleh Kekuatan Cinta!

Ilustrasi depresi. (Foto : okezone.com)

Ilustrasi depresi. (Foto : okezone.com)

SUARAWAJARFM.com — SEMUA orang pasti ingin dicintai dan mencintai. Konon, cinta dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mungkin kalimat tersebut terdengar klise dan gombal. Namun, ternyata cinta memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Umumnya, cinta dikenal dapat menyembuhkan penyakit mental. Namun, tidak disangka ternyata cinta bisa menyembuhkan penyakit fisik.

Mereka yang sudah memiliki pasangan akan dipenuhi rasa cinta di setiap harinya. Tapi, bukan berarti mereka yang lajang tidak memiliki cinta. Karena cinta itu bisa datang dari orangtua, teman maupun sahabat. Harry Reis, PhD, co Editor dari Encyclopedia of Human Relationships, memaparkan hubungan cinta juga dikaitkan dengan manfaat kesehatan berikut. Dilansir suarawajarfm.com dari Okezone, Senin (24/9/2018), kekuatan cinta bisa sembuhkan 5 penyakit ini lho.

  1. Darah Tinggi

Pernikahan yang bahagia dan penuh cinta ternyata dapat menurunkan tekanan darah Anda. Penelitian di Annals of Behavioral Medicine menemukan bahwa hubungan positif yang terdapat dalam sebuah pernikahan maupun pertemanan berhasil menurunkan tekanan darah. Orang yang tidak menikah dan tidak memiliki hubungan sosial yang baik justru akan menunjukkan tekanan darah yang tinggi.

  1. Depresi

Ketika para wanita memegang tangan suami mereka, ini akan menunjukkan lebih sedikit respons di area otak yang berhubungan dengan depresi. Semakin bahagia pernikahan Anda, semakin berkurang juga tingkat depresi yang dialami. Tekanan hidup yang begitu tinggi, membuat mereka berani berbuat nekat seperti mendekati narkoba bahkan sampai bunuh diri. Kekuatan cinta juga berkontribusi pada menurunnya penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan anak muda.

  1. Kecemasan

Sama seperti depresi, kecemasan merupakan gangguan yang menyerang mental. Para peneliti di Universitas Negeri New York di Stony Brook menggunakan fungsional scan MRI (fMRI) menunjukkan aktivasi di bagian otak saat berhubungan dengan cinta. Mereka yang memiliki pasangan yang penuh cinta menunjukkan area otak yang aktif merespon. Respon otak ini sama seperti ketika Anda memenangkan sebuah undian.

  1. Nyeri Tubuh

Studi fMRI mengungkapkan manfaat besar lainnya dari cinta. Peneliti menemukan bahwa, cinta akan membuat lebih banyak aktivasi di bagian otak yang mengendalikan rasa sakit. Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 127.000 orang dewasa, pasangan yang menikah cenderung tidak mengeluh sakit kepala dan sakit punggung.

  1. Flu

Cinta dapat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh Anda. Para peneliti di Carnegie Mellon University menemukan bahwa orang yang memiliki emosi positif cenderung tidak terkena flu atau virus flu. Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering dialami terutama ketika pergantian cuaca.***

Editor : Robert

26 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *