Bangun Terlalu Pagi Bisa Berakibat Buruk bagi Kesehatan, Kok Bisa?

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SUARAWAJARFM.com — BANGUN pagi memang baik untuk kesehatan dan akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk bersiap-siap memulai aktivitas. Namun, jika Anda bangun terlalu pagi, dengan tidur yang mencukupi, maka malah memberikan efek buruk bagi tubuh.

Bangun lebih awal dapat menyebabkan tubuh Anda mengalami kelelahan di siang hari, yang berarti Anda mungkin tidur di sore hari, dan pada akhirnya dapat menyulitkan Anda untuk tidur di malam hari.

Kekurangan tidur akan membuat mereka sulit untuk merawat kesehatan dengan benar. Saat Anda tidur larut malam dan harus bangun pagi, maka Anda tidak akan mendapatkan cukup tidur, dan mengganggu jam tubuh mereka.

Melansir The Health Site, berikut adalah beberapa alasan mengapa bangun terlalu pagi mungkin bukan ide yang baik bagi tubuh Anda.

Kelelahan

Anda mungkin akan mengalami kelelahan yang tidak biasa sepanjang hari jika Anda mencoba bangun terlalu pagi, khususnya bagi pada mereka yang tidak terbiasa. Bangun lebih awal dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk sepanjang hari.

Akibat lainnya adalah diet Anda bisa rusak, karena Anda akan mencoba minum minuman berkafein, dan makan makanan manis tetap aktif sepanjang hari.

Kurang tidur

Jika Anda bangun sampai larut malam dan kemudian mencoba bangun pagi-pagi keesokan harinya, ini mungkin lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Karena, ketika Anda kurang tidur otak Anda tidak berfungsi pada kapasitas penuh.

Selain itu, Anda akan merasa sulit untuk tertidur nanti ketika Anda menjadi lelah. Ini membuat kekurangan tidur menjadi lebih buruk, tubuh Anda akan menjadi stres dan lelah jika Anda melakukan ini secara konsisten. Dalam skenario terburuk, hal ini bisa menyebabkan kematian dini.

Risiko kesehatan

Bangun lebih awal dan berangkat kerja dapat meningkatkan tingkat stres Anda. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Westminster menemukan bahwa orang yang bangun sebelum jam 7 pagi di pagi hari memiliki tingkat hormon stres yang lebih tinggi sepanjang hari, daripada mereka yang tidur sedikit lebih lama.

Bertentangan dengan tubuh Anda

Kita semua berbeda satu sama lain dan itu termasuk jam tubuh kita. Jika Anda terus-menerus merasa sulit bangun pagi-pagi maka Anda mungkin harus mendengarkan tubuh Anda dan mundur selangkah. Ada beberapa orang yang secara alami adalah orang malam.***

Reporter : Robert

Sumber  : Okezone.com

27 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *