Hindari Pikun Sejak Dini, Ini Cara-Cara Simpel Biar Ingatan Kamu Tetap Tajam!

Pelupa (Work it Daily)

Pelupa (Work it Daily)

SUARAWAJARFM.com — MASALAH yang sering dihadapi orang tua adalah pikun. Tapi sejak muda Anda bisa mencegahnya dengan cara-cara yang menyenangkan.

Bagaimana tidak, saat bertambah usia seseorang akan mengalami penuaan. Termasuk pada bagian sel otaknya yang juga ikut menua.

Kalau Anda malas mengingat sesuatu atau tidak mau mempelajari hal baru, pasti akan mudah pikun. Jangan sampai hal ini terjadi karena bisa menyusahkan diri sendiri dan orang-orang terdekat.

Untuk itu, cegah dengan berbagai cara yang menyenangkan supaya Anda tidak mudah pikun. Berikut ulasannya seperti dikutip Okezone dari Timesofindia, Senin (20/8/2018).

Olahraga teratur

Tetaplah aktif bergerak dan olahraga secara teratur. Latihan fisik dapat memperkuat sel otak Anda. Cara ini sangat menguntungkan karena baik juga untuk kesehatan secara menyeluruh. Pilihlah olahraga yang menyenangkan, seperti berenang, bersepeda, jalan santai, naik-turun tangga, dan sebagainya.

Jangan malas pelajari hal baru

Dalam kehidupan sehari-hari jangan malas untuk belajar hal baru. Entah itu mengenal bahasa baru dengan membaca buku misalnya. Dengan cara ini Anda bisa menjaga sel otak jadi lebih aktif dan sehat sepanjang hari.

Main Musik

Orang tua yang suka bermusik pasti jarang pikun. Dengan cara mengingat nada-nada atau tangga lagu sebagai teknik dasar untuk bermusik dapat membuat otak juga tetap aktif. Tak ada salahnya jika Anda punya hobi bermusik dan menyimpan alat musik kesayangan di rumah untuk mengisi waktu senggang.

Main teka-teki

Bermain teka-teki silang atau kuis membuat otak Anda tetap terjaga. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kapasitas mental Anda. Pastikan ajak teman untuk bermain supaya dia mendapatkan manfaat yang sama. Mainlah saat waktu senggang supaya Anda terhindar dari kebiasaan melamum atau melakukan kegiatan yang kurang berguna.

Mengingat nomor telefon orang terdekat

Kalau ingin tidak cepat pikun, cara lain yang mudah dilakukan yakni mengingat nomor telefon orang terdekat. Ucapkan dalam hati supaya cepat ingat. Lakukan kebiasaan ini saat mencatat nomor orang baru supaya otak tetap aktif.***

Reporter : Robert

29 Total Views 1 Views Today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *